PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA POWERPOINT PADA SISWA KELAS IV SDN PLALANGAN 04 SEMARANG


Nur Ajeng Maftukhah , 1401411124 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA POWERPOINT PADA SISWA KELAS IV SDN PLALANGAN 04 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411124-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran PKn merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warganegara. Tujuan mata pelajaran PKn adalah membentuk kepribadian siswa agar menjadi warganegara Indonesia yang mampu mengatasi masalah dengan berfikir, bertindak dan bertanggung jawab sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Berdasarkan observasi awal di SDN Plalangan 04 Semarang, menunjukkan bahwa pembelajaran PKn di kelas IV masih banyak mengalami masalah. Pembelajaran yang dilakukan guru masih monoton, guru kurang membangun pengetahuan siswa, guru tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik, siswa kurang mampu bekerjasama dengan siswa yang lainnya, dan hanya siswa tertentu yang aktif dalam pembelajaran. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang sebagian besar masih dibawah KKM. Untuk memperbaiki, peneliti menggunakan model Numbered Heads Together (NHT) dengan Media PowerPoint. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah dengan menggunakan model NHT dengan media PowerPoint dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas IV SDN Plalangan 04 Semarang? Tujuan penelitian adalah meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa menggunakan model NHT dengan media PowerPoint dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas IV SDN Plalangan 04 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 3 siklus dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru (peneliti) dan siswa kelas IV SDN Plalangan 04 Semarang yang berjumlah 31 siswa. Variabel penelitian adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Teknik pegumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik nontes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru pada siklus 1 memperoleh skor 25 dengan kriteria baik, pada siklus II memperoleh skor 30 dengan kriteria sangat baik dan pada siklus III memperoleh skor 34 dengan kriteria sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 20,2 dengan kriteria baik, pada siklus II memperoleh rata-rata skor 25 dengan kriteria baik dan pada siklus III memperoleh rata-rata skor 29,63 dengan kriteria sangat baik. (3) Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I adalah 60%, ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus II adalah 72,41%, dan ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus III adalah 86,67%. Simpulan dari penelitian ini adalah model NHT dengan media PowerPoint dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas IV SDN Plalangan 04 Semarang. Saran yang diberikan adalah guru dapat menggunakan model NHT dengan media PowerPoint untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PKn, Model NHT, Media PowerPoint.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 00:58
Last Modified: 13 Nov 2015 00:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21844

Actions (login required)

View Item View Item