PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN TEKNIK OBJEK LANGSUNG PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2007-2008

Endang Suryandari , 2101907019 (2008) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN TEKNIK OBJEK LANGSUNG PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2007-2008. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN TEKNIK OBJEK LANGSUNG PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2007-2008) - Published Version
Download (869Kb)

    Abstract

    Berdasarkan observasi awal yang dilakukan penulis, keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 3 Pekalongan cukup baik namun belum memuaskan. Hal tersebut disebabkan oleh faktor intern dan ekstern. Salah satunya berasal dari metode ataupun teknik yang digunakan guru dalam melaksanakan pembelajaran kurang menarik dan kurang bervariasi. Pemilihan metode dan teknik yang tepat sesuai dengan KTSP diharapkan mampu meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi. Berdasarkan penjelasan di atas penelitian ini mengkaji dua masalah yaitu (1) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis deskripsi dan (2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas X SMA Negeri 3 Pekalongan dalam menulis karangan deskripsi setelah mengikuti pembelajaran melalui pemanfaatan teknik objek langsung. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendiskripsikan peningkatan keterampilan menulis deskripsi dan (2) mendiskripsikan perubahan perilaku siswa kelas X SMA Negeri 3 Pekalongan dalam menulis karangan deskripsi setelah mengikuti pembelajaran melalui pemanfaatan teknik objek langsung. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap dengan PTK, yaitu tahap siklus I dan tahap siklus II. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 3 Pekalongan. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi dan pemanfaatan teknik objek langsung. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil keterampilan menulis karangan deskripsi. Dan teknik nontes berupa data perilaku siswa dari hasil observasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Kedua teknik tersebut dianalisis dengan membandingkan hasil tes siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui pemanfaatan teknik objek langsung. Nilai rata-rata kelas pada tahap prasiklus sebesar 65.98 mengalami peningkatan sebesar 3,02 pada siklus I selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 71,03. Setelah menggunakan teknik pengamatan objek langsung juga terjadi perubahan tingkah laku siswa kela X SMA Negeri 3 Pekalongan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan kepada guru agar menggunakan teknik pengamatan objek secara langsung pada pembelajaran menulis karangan deskripsi. Bagi peneliti disarankan agar melakukan penelitian yang sama tetapi dengan menggunakan teknik pembelajaran yang lain.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, karangan deskripsi, teknik objek lansung
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 05 May 2011 21:21
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:42

    Actions (login required)

    View Item