PENERAPAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS III SDN KARANGAYU 03 KOTA SEMARANG


MARDIATI, 1401511024 (2015) PENERAPAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS III SDN KARANGAYU 03 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401511024-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal di SDN Karangayu 03 ditemukan masalah dalam pembelajaran IPS di kelas III, guru belum menggunakan model pembelajaran inovatif, siswa kurang aktif dan kurang antusias terhadap pembelajaran IPS sehingga berdampak terhadap hasil belajar siswa rendah, yaitu dari 43 siswa, yang mencapai KKM hanya 18 siswa (41,86%) sedangkan sisanya 25 siswa (58,13%) belum mencapai KKM (65). Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan sebuah tindakan yaitu dengan Menerapkan Model Numbered Heads Together dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas III SDN Karangayu 03 Kota Semarang. Rumusan masalah penelitian ini adalah : Bagaimanakah Penerapan model Numbered Heads Together dengan media gambar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada Siswa Kelas III SDN Karangayu 03 Kota Semarang? Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran pembelajaran IPS melaui model Numbered Heads Together dengan media gambar pada Siswa Kelas III SDN Karangayu 03 Kota Semarang Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus satu pertemuan dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SDN Karangayu 03 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah nontes dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan deskriptif Kuantitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 18 (cukup), pada siklus II memperoleh skor 28 (baik), dan pada siklus III memperoleh skor 35 (sangat baik). Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 18,87 (cukup), pada siklus II memperoleh skor 23,41 “(baik), dan pada siklus III memperoleh skor 28,95 (sangat baik). Hasil belajar siswa pada siklus I ketuntasan belajar klasikal mencapai 67,74%, pada siklus II mencapai 76,92%, dan pada siklus III mencapai 87,80%. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Numbered Heads Together dengan media gambar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada Siswa Kelas III SDN Karangayu 03 Kota Semarang. Saran dari penelitian ini adalah sebaiknya guru harus selalu berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran IPS dengan menggunakan model dan media yang inovatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model NHT, Media Gambar, Kualitas Pembelajaran IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 00:31
Last Modified: 13 Nov 2015 00:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21833

Actions (login required)

View Item View Item