PENERAPAN MODEL TALKING STICK DENGAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS III B SDN NGALIYAN 03 KOTA SEMARANG
STACIA ALESSANDRA NAU, 1401511014 (2015) PENERAPAN MODEL TALKING STICK DENGAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS III B SDN NGALIYAN 03 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yan g mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran IPS kelas III B SDN Ngaliyan 03 Kota Semarang yang belum optimal. Hal ini dikarenakan guru belum menggunakan model dan media yang efektif. Aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS masih rendah. Dampaknya hasil belajar siswa rendah yang ditunjukkan sebesar 44% siswa memperoleh nilai di bawah KKM. Pembelajaran IPS akan ditingkatkan dengan menggunakan model talking stick dengan media powerpoint. Talking stick adalah model pembelajaran yang dilakukan dengan bantuan tongkat, siswa yang memegang tongkat wajib menjawab pertanyaan dari guru setelah siswa mempelajari materi pokok. Model talking stick akan mendorong siswa lebih aktif dan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas III B SDN Ngaliyan 03 Kota Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas III B SDN Ngaliyan 03 Kota Semarang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan tiga siklus, Setiap siklus terdiri atas satu pertemuan meliputi tahap perencanaan , pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan 30 siswa kelas III B SDN Ngaliyan 03 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan non tes dan tes. Teknik analisis data menggunakan statistic deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 29 dengan kategori cukup, siklus II memperoleh skor 37 dengan kategori baik dan siklus III memperoleh skor 42 dengan kategori sangat baik. aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 18,8 dengan kategori cukup, siklus II memperoleh skor 22,5 dengan kategori baik dan siklus III memperoleh skor 26,6 dengan kategori sangat baik. persentase ketuntasan hasil belajar siklus I sebesar 64% dengan rata-rata 66,74, siklus II sebesar 86,7% dengan rata-rata 77,7 dan pada siklus III sebesar 100% dengan rata-rata 88,06. Simpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model talking stick dan media powerpoint dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas III B SDN Ngaliyan 03 Kota Semarang. Saran yang diberikan adalah guru wajib menggunakan model dan media yang inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di kelas
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | IPS, kualitas, pembelajaran, powerpoint, talking stick |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | cahyo fajar unnes |
Date Deposited: | 13 Nov 2015 00:23 |
Last Modified: | 13 Nov 2015 00:23 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21823 |
Actions (login required)
View Item |