PEMBELAJARAN TARI NUSANTARA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PANGKAH KABUPATEN TEGAL

Alifiani Fodli, 2501409111 (2015) PEMBELAJARAN TARI NUSANTARA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PANGKAH KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1840Kb)

    Abstract

    Penelitian ini mengenai pengaruh media audio visual terhadap pembelajaran tari nusantara, penggunaan media audio visual ini karena untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran seni tari, selain itu juga media audio visual bisa membantu untuk siswa menjadi lebih mandiri dan lebih berkreatif dalam pembelajaran tari menggunakan media audio visual. Media pengajaran audio visual merupakan alat bantu pengajaran yang digunakan guru untuk mempermudah penerimaan konsep dan gagasan pada siswa. Dengan penggunaan media audio visual di SMA Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal dapat mempengaruhi pembelajaran siswa karena siswa mengalami peningkatan nilai, dengan penggunaan media audio visual siswa menjadi lebih paham dengan materi yang diberikan oleh guru di dalam kelas. Permasalahan penelitian adalah (1) Bagaimana pembelajaran tari nusantara di kelas XI SMA Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal dan (2) Bagaimana pengaruh Media Audio Visual dalam pembelajaran tari nusantara di kelas XI SMA Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal? Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahuidanmendeskripsikan proses pembelajarantari Nusantara di SMA Negeri 1 PangkahKabupatenTegal dan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh media audio visual terhadap pembelajaran tari nusantara di SMA Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptiif. Penelitian ini difokuskan pada penggunaan media audio visual di SMA Negeri Pangkah Kabupaten Tegal. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, Dokumentasi, Observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media audio visual dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan nilai siswa dalam pembelajaran. Peningkatan nilai siswa dengan menggunakan media audio visual meningkat sejumlah 60% dari 40 siswa pada kelas XI di SMA Negeri 1 Pangkah. Saran peneliti adalah bagi guru hendaknya memberikan materi teori dengan memanfaatkan media audio visual, misalnya guru menjelaskan perlengkapan tari, tata riasnya, busana tari, dan menerangkan kembali materi yang ada di video, sedangkan untuk siswa diharapkan untuk memiliki video tari Mak Inang Pulau Kampai dan video tari Jaipong (Aduh Manis) sendiri, supaya bisa digunakan untuk belajar sendiri dirumah dan siswa wajib mampunyai sampur.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN TARI, TARI NUSANTARA
    Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
    Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
    Date Deposited: 12 Nov 2015 19:22
    Last Modified: 12 Nov 2015 19:22

    Actions (login required)

    View Item