PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN POWERPOINT PADA SISWA KELAS IIIA SDN NGALIYAN 01 SEMARANG
AFRIZAL MARDHIANSYAH, 1401511006 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN POWERPOINT PADA SISWA KELAS IIIA SDN NGALIYAN 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Tujuan PKn adalah untuk menumbuhkan wawasan dan kesadaran bernegara, sikap serta perilaku yang cinta tanah air dan bersendikan kebudayaan bangsa, wawasan nusantara, serta ketahanan nasional dalam diri para calon-calon penerus bangsa y ang sedang dan mengkaji dan akan menguasai imu pengetahuaan dan teknologi serta seni. Berdasarkan refleksi awal yang dilakukan bahwa guru kurang memanfaatkan media, siswa juga tidak memperhatikan penjelasan dari guru saat proses pembelajaran. Solusi untuk mengatasi masalah ini dengan menerapkan model Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Powerpoint Model pembelajaran ini, merupakan salah satu jenis metode dalam pembelajaran kooperatif. Make A Match atau mencari pasangan merupakan salah satu teknik pembelajaran kooperatif yang bisa mengembangkan kemampuan siswa dan Keunggulan teknik ini adalah mampu menciptakan suasana belajar aktif serta menyenangkan bagi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Rumusan masalah yaitu apakah dengan menggunakan model Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan PowerPoint dapat meningkatkan Kualitas pelajaran PKn?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Variabel penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IIIA SDN Ngali yan 01 Semarang. Teknik pegumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pada siklus I , keterampilan guru mendapat jumlah skor 24 dengan kategori baik, pada siklus II meningkat menjadi 27 dengan kategori baik, jumlah skor 30 dengan kategori sangat baik pada siklus III. Aktivitas siswa pada siklus I mendapatkan rata-rata skor 24,4 dengan kategori baik, pada siklus II meningkat rata-rata skor menjadi 25,6 dengan kategori baik, serta rata-rata skor 26,7 dengan kategori baik pada siklus III. Hasil belajar siswa pada siklus I ketuntasan siswa sebesar 72,5%, pada siklus II ketuntasan siswa meningkat menjadi 90%, serta menjadi 97,5% pada siklus III. Simpul melalui penerapan model Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan PowerPoint dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IIIA SDN Ngali yan 01 Semarang pada pembelajaran PKn. saran bagi guru untuk menerapkan model Make A Match tidak hanya pada mata pelajaran PKn, tetapi juga pada mata pelajaran lain agar lebih efektif dan efisien
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas; Pembelajaran; Kooperatif Make A Match; Powerpoint |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | cahyo fajar unnes |
Date Deposited: | 13 Nov 2015 00:19 |
Last Modified: | 13 Nov 2015 00:19 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21818 |
Actions (login required)
View Item |