PEMBELAJARAN MUSIK UNTUK ANAK TUNAGRAHITA DI BENGKEL MUSIK SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI SEMARANG


Aulia Erfan, 2501409108 (2015) PEMBELAJARAN MUSIK UNTUK ANAK TUNAGRAHITA DI BENGKEL MUSIK SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2501409108-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penulis mengambil tema pembelajaran musik sebagai kajian dalam penelitian ini. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk menambah wawasan pembaca bahwa anak tuagrahita juga memiliki potensi bermusik melalui proses pembelajaran yang khusus. Banyak kemenangan yang diraih dalam perlombaan dari berbagai kejuaraan baik di tingkat provinsi ataupun nasional. Hal ini membuat penulis ingin mengetahui proses pembelajaran dan metode yang digunakan dalam pembelajaran seni musik untuk tunagrahita. Tujuan peneliti adalah untuk mendiskripsikan dan mengetahui proses pembelajaran dan metode yang digunakan dalam pembelajaran musik di bengkel musik SLB N Semarang Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan pedagogik serta musikologi.. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa melalui triangulasi sumber data, kecukupan referensi, dan perpanjangan keikutsertaan. Analisis data dilakukan menggunakan model analisis data interaktif yang ditempuh melalui proses reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran musik untuk anak tunagrahita di bengkel musik SLB N Semarang mempunyai 3 program kegiatan yaitu pembelajaran musik sehari-hari, terapi musik, dan pengembangan prestasi. Pembelajaran musik sehari-hari merupakan pembelajaran pengenalan alat musik dan teori musik. Pembelajaran musik ini bertujuan untuk terapi musik kepada siswa agar dapat melatih fisik motorik anak dan menumbuh kembangkan potensi yang ada, serta memfungsikan sisa-sisa kemampuan penderita. Pada bidang prestasi, siswa dilatih mentalnya agar berani tampil di hadapan orang banyak dan memaksimalkan potensi yang ada pada diri anak tunagrahita dengan latihan secara berkala. Metode yang digunakan dalam pembelajaran musik untuk anak tunagrahita adalah metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan metode pemberian tugas. Semua metode yang digunakan sama seperti metode pembelajaran pada anak normal, perbedaannya guru harus menjelaskan materi secara berulang-ulang karena IQ yang dimiliki anak tunagrahita ini lebih rendah daripada anak normal pada umumnya. Saran yang dapat penulis berikan adalah bagi guru agar meningkatkan kreativitas dalam pemberian materi, permainan alat musik, dan model pembelajaran agar tercapai tujuan pembelajaran secara keseluruhan. Bagi SLB Semarang agar dapat dijadikan referensi untuk lebih memfasilitasi sarana dan prasarana

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Musik, Tunagrahita SLB N Semarang
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 00:16
Last Modified: 13 Nov 2015 00:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21816

Actions (login required)

View Item View Item