PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IVB SDN SAMPANGAN 02 KOTA SEMARANG


RIZA MAULIDA, 1401411121 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IVB SDN SAMPANGAN 02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411121-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran PKn memiliki tujuan agar peserta didik memiliki kemampuan berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan, berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, berkembang secara positif, serta bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Hasil refleksi yang dilakukan peneliti bersama kolaborator, ditemukan masalah dalam pembelajaran PKn pada kelas IVB. Permasalahan tersebut terjadi karena guru belum optimal dalam menggunakan media pembelajaran, kurang memberikan kesempatan pada siswa untuk menyelesaikan permasalahan, kurang optimal dalam membimbing siswa untuk memperoleh pengetahuan sendiri sehingga siswa terbiasa menerima pengetahuan hanya dari penjelasan guru. Hal tersebut membuat hasil belajar siswa menjadi rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran PKn pada siswa kelas IVB SDN Sampangan 02 Kota Semarang Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PKn meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IVB SDN Sampangan 02 dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru meningkat yaitu pada siklus I dengan kriteria baik, siklus II baik dan siklus III sangat baik; (2) Aktivitas siswa mengalami peningkatan pada siklus I memperoleh kriteria cukup, siklus II baik dan siklus III baik; (3) Hasil belajar pada siklus I presentase ketuntasan 58,33% dengan nilai rata-rata 77. Siklus II meningkat menjadi 75% dengan nilai rata-rata 77,75. dan siklus III meningkat menjadi 86,11% dengan nilai rata-rata 83,5. Simpulan dari penelitian ini adalah model TPS berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn kelas IVB SDN Sampangan 02 Kota Semarang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar. Saran untuk perbaikan pembelajaran, sebaiknya guru meningkatkan keterampilan mengelola kelas, mengembangkan keberanian dan kemampuan siswa untuk bertanya maupun menyampaikan pendapat dengan cara memberikan motivasi serta stimulus kepada siswa dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pembelajaran PKn, Model TPS, media audiovisual.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 00:21
Last Modified: 13 Nov 2015 00:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21815

Actions (login required)

View Item View Item