PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IVB SDN KEMBANGARUM 01 KOTA SEMARANG


YOHANIS SELAN, 1401511004 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IVB SDN KEMBANGARUM 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401511004-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

IPS bertujuan untuk membina anak didik menjadi warga negara yang baik, yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kepedulian sosial yang berguna bagi dirinya,masyarakat dan Negara. Data awal yang diperoleh kondisi siswa kelas IVB saat pembelajaran IPS belum optimal, karena keterampilan guru terhadap materi IPS rendah. Pada tema indahnya kebersamaan kd 3.1, 3.2, 3.3, 3.5 dari 42 siswa, hanya 10 siswa (23,80%) yang sudah mengalami kriteria ketuntasan minimal (KKM). sedangkan sisanya 32 siswa (76,20%) nilainya dibawah KKM.. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di kelas IVB tersebut dengan menerapkan model Discovery Learning dengan media audio visual . Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah modeldiscovery laeaning dengan media audio visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di Kelas IVB SDN Kembang Arum 01 kota Semarang. Tujuan penelitian adalah untuk kualitas pembelajaran IPS di Kelas IVB SDN Kembang Arum 01 Kota Semarang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 3 siklus, masing-masing terdiri dari satu pertemuan.Setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa Kelas IVB SDN Kemabang Arum 01 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan dekriptif kuatitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 22 dengan kategori baik, siklus II memperoleh skor 28 dengan kategori baik dan pada siklus III memperoleh skor 35 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 19,14 kategori Baik, pada siklus II memperoleh skor 25,22 kategori baik dan pada siklus III memperoleh skor 29,18 kategori sangat baik. (3) Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I 67%, meningkat pada siklus II menjadi 75%, dan meningkat pada siklus III menjadi 86%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui model Discovery Learning dengan media audio visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS kelas IVB SDN Kembang Arum 01 Kota Semarang. Saran bagi guru adalah hendaknya dalam mengajar menggunakan model pembelajaran dan media yang bervariasi dan sesuai materi antara lain dengan menerapkan model Discovery Learning dengan media audio visual

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Audiovisual,Discovery learning, Kualitas Pembelajaran, IPS,
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 00:14
Last Modified: 13 Nov 2015 00:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21814

Actions (login required)

View Item View Item