PENYUSUNAN BUKU SUPLEMEN MAPEL GEOGRAFI SMA KELAS XI SEMESTER 1 KURIKULUM 2013 BERBASIS ANDROID


Aulia Rokhmah, 3201411180 (2015) PENYUSUNAN BUKU SUPLEMEN MAPEL GEOGRAFI SMA KELAS XI SEMESTER 1 KURIKULUM 2013 BERBASIS ANDROID. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3201411180-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penggunaan bahan ajar sangat diperlukan dalam kegiatan belajar mengajar geografi, banyak sekali bahan ajar yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran, namun masih banyak ditemui dilapangan guru kurang memanfaatkan bahan ajar yang dapat dipergunakan. Kurangnya variasi bahan ajar ini mengakibatkan siswa kurang aktif sehingga minat, semangar dan keatifan belajar siswa kurang yang berakibat pada hasil belajar mereka yang relative rendah atau kurang maksimal. Kondisi ini juga ditemukan dibeberapa sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) untuk mengetahui kelayakan buku suplemen geografi SMA kelas XI semester 1 kurikulum 2013 berbasis android (2) mengetahui kepraktisan buku suplemen geografi berbasis android yang digunakan dalam mata pelajaran geografi SMA kelas XI semester 1 kurikulum 2013 (3) menganalisis keefektifan buku suplemen geografi berbasis android dalam pengetahuan dan pemahaman materi pada siswa mata pelaharan geografi kelas XI semester 1 kurikulum 2013. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS SMA N 1 Kebumen yang berjumlah 129 terbagi dalam 4 kelas dan SMA N Prembun yang berjumlah 152 yang terbagi dalam 5 kelas. Penentuan sampel dengan teknik purposive sampling. Kelas XI IIS B SMA N 1 Kebumen terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IIS 2 SMA N Prembun sebagai kelas kontrol. Variael dalam penelitian ini adalah kelayakan, kepraktisan dan keefektifan buku suplemen geografi berbasis android. Teknik analisis data menggunakan analisis deskripsi presentase dan uji perbedaan dua rata-rata (uji t). Hasil penelitian ini menunjukkan buku suplemen layak dan praktis digunakan sebagai bahan ajar, kemudian menunjukkan hasil belajar kognitif kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Ini ditunjukkan oleh uji-t dengan hasil yaitu 3,565>2,00 sehingga Ho ditolak. Presentase ketuntasan klasikal ≥75 kelas eksperimen 96,43%, kelas kontrol 68,97%. Saran dalam penelitian ini adalah Guru diharapkan dapat menggunakan bahan ajar yang kreatif dan inovatif agar pembelajaran tidak monoton dan dapat menarik minat siswa serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku Suplemen, Berbasis Android
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 00:10
Last Modified: 13 Nov 2015 00:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21812

Actions (login required)

View Item View Item