PROGRAM BANTU PEMBELAJARAN TERMODINAMIKA UNTUK SISWA SLTA DENGAN MACROMEDIA FLASH 8


A’an Fuad Adib , 5350403056 (2009) PROGRAM BANTU PEMBELAJARAN TERMODINAMIKA UNTUK SISWA SLTA DENGAN MACROMEDIA FLASH 8. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PROGRAM BANTU PEMBELAJARAN TERMODINAMIKA UNTUK SISWA SLTA DENGAN MACROMEDIA FLASH 8]
Preview
PDF (PROGRAM BANTU PEMBELAJARAN TERMODINAMIKA UNTUK SISWA SLTA DENGAN MACROMEDIA FLASH 8) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan sejalan dengan peradaban manusia modern, kegiatan belajar mengajar adalah bagian terpenting dari proses pendidikan. Sekarang ini dengan pesatnya kemajuan teknologi, komputer semakin banyak digunakan sebagai alat bantu manusia dalam menyelesaikan berbagai macam pekerjaan di berbagai bidang, termasuk bidang pendidikan. Dengan kemampuan yang dimiliki komputer, komputer memiliki potensi yang amat besar untuk membantu proses belajar mengajar pada bidang pendidikan. Komputer memungkinkan para pelajar untuk belajar sesuai dengan kecepatan dan kemampuan belajar mereka masing-masing. Berawal dari hal tersebut, penulis mencoba untuk membuat program bantu pembelajaran dengan materi termodinamika. Karena kebanyakan staf pengajar kurang bias memaparkan materi termodinamika yang berupa visualisasi benda dan visualisasi perhitungan. Oleh sebab itu, program bantu pembelajaran dirasakan banyak membantu bagi staf pengajar dalam menyampaikan materi. Program bantu pembelajaran termodinamika ini akan dibangun dengan piranti lunak yaitu Macromedia Flash 8. Dengan bantuan Macromedia Flash 8 ini, program bantu pembelajaran ini dapat dibangun menjadi tampilan yang menarik serta visualisasi benda dalam bentuk animasi dua dimensi yang dapat bergerak. Tidak lupa pula disertakan soal-soal latihan. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk merancang dan membuat Program Bantu Pembelajaran Termodinamika Untuk Siswa SLTA Dengan Macromedia Flash 8 berbasis multimedia, sehingga dapat membantu dan mendukung dunia pendidikan khususnya bagi siswa SLTA dalam mempelajari materi termodinamika. Hasil akhir dari pembuatan program bantu pembelaran ini berupa file yang berekstensi *.exe, dan juga memiliki tampilan dalam bentuk flash player. --------------------------------------------------------> Education along with modern human civilazation, learning process is being the most important part of education process. Nowadays, as a result of a good progress in technology, computer is used mosdy as a human tools in doing various kinds of jobs in all sorts of fields, including in education. By some skills that computer has, it consist of a huge potentialities to help learning process in educational field. It makes students enable to study according to their own speeds and abilities in study. Begins from those reasons, the writer tried to make a learning helper programme in Thermodynamics material. Since most of the educator staffs are not able to explain briefly about Thermodynamics material in the form of an objects and arithmatical visualization. Therefore, learning helper programme seems very helpful for the educator staffs in the material delivery. This thermodynamics learning helper programme will be built using a software which is called Macromedia Flash 8. By Macromedia Flash 8 assistance, this learning helper programme can be formed in an interesting display and the object visualization is in the form of a movable two dimensional animations. There also will be enclosed a training test of course. The goal that wants to be reached by the writer is to make a plan and create a Thermodynamics Learning Helper Programme for Highschool Students. By using Macromedia Flash 8 based on multimedia, the writer hopes it can help and support education world, especially for highschool students in learning the material of thermodynamics. The final result of this programme is formed in an extention file exe, and there are also a flash player display forms.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Macromedia Flash 8 dan Termodinamika. Macromedia Flash 8 and Thermodynamics.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 06 May 2011 00:42
Last Modified: 25 Apr 2015 04:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2181

Actions (login required)

View Item View Item