KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS VIDEO PADA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA


Rohmah Desiana , 4201411025 (2015) KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS VIDEO PADA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4201411025-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi awal di SMA Negeri 1 Bawang diketahui bahwa penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat dapat menimbulkan kebosanan, kurangnya pemahaman materi dan monoton sehingga peserta didik kurang termotivasi untuk belajar. Oleh karena itu, peneliti menerapkan model Project Based Learning berbasis video pada pembelajaran fisika untuk meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep siswa. Model Project Based Learning berfokus pada konsep dan prinsip inti sebuah disiplin, memfasilitasi siswa untuk menyelidiki, pemecahan masalah, dan tugas – tugas bermakna lainnya, students centered, dan menghasilkan produk nyata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan model Project Based Learning berbasis video terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa, menganalisis keefektifan model Project Based Learning berbasis video terhadap peningkatan aktivitas siswa, dan mengetahui apakah pemahaman konsep siswa menggunakan model pembelajaran Project Based Learning berbasis video lebih tinggi daripada pemahaman konsep siswa menggunakan model diskusi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 1 Bawang. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling yaitu kelas X- 1 dan X-5 sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan dengan model pembelajaran Project Based Learning berbasis video dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol yang mendapatkan perlakuan dengan model diskusi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan tes. Hasil Uji satu pihak kanan menunjukan bahwa model pembelajaran Project Based Learning berbasis video lebih efektif meningkatkan pemahaman konsep dibandingkan metode diskusi. Selain itu model pembelajaran Project Based Learning berbasis video lebih efektif mengingkatkan aktivitas belajar siswa yang lebih baik pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Besarnya peningkatan rata-rata hasil belajar ditunjukkan oleh hasil uji gain. Hasil uji gain menunjukkan peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 0,63 dan kelas kontrol sebesar 0,57. Hasil analisis non tes menunjukkan secara keseluruhan persentase pencapaian aktivitas belajar siswa meningkat pada setiap indikatornya (aktivitas visual, aktivitas lisan, aktivitas mendengarkan, aktivitas menulis, aktivitas metrik dan aktivitas emosional). Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning berbasis video lebih efektif meningkatkan pemahaman konsep dengan peningkatan yang rendah. Persentase aktivitas kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, video, aktivitas, pemahaman konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 00:14
Last Modified: 13 Nov 2015 00:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21809

Actions (login required)

View Item View Item