PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN BOLABASKET MULTI RING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 PEMALANG KAB. PEMALANG TAHUN AJARAN 2012-2013


Rizky Ramadhona, 6101408010 (2015) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN BOLABASKET MULTI RING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 PEMALANG KAB. PEMALANG TAHUN AJARAN 2012-2013. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6101408010-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Basket merupakan permainan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan karena unsur kesegaran jasmani dalam permainan ini sangat menonjol. Pembelajaran permainan bola basket yang diberikan guru masih belum dikemas dalam bentuk modifikasi, sehinggga dijumpai siswa yang kurang antusias, bosan, dan malas untuk bergerak. Maka perlu adanya modifikasi dalam proses pembelajarannya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah bentuk model pengembangan permainan bola basket melalui permainan bola basket melalui permainan bola basket multi ring dalam pembelajaran penjasorkes yang efektif dan sesuai dengan karakteritik siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pemalang?”. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan model pembelajaran bola basket melalui permainan bola basket multi ring yang efektif dan sesuai dengan karakteristik siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pemalang dalam pembelajaran penjasorkes sehingga data mengembangkan berbagai aspek pembelajaran dan meningkatkan aktivitas jasmani siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Adapun prosedur pengembangan produk meliputi melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, mengembangkan prroduk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba kelompok kecil dan revisi, uji coba kelompok besar dan produk akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pengamatan di lapangan dan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Dari hasil uji ahli terhadap kualitas produk diperoleh persentase sebesar 70% dengan kriteria cukup baik dan hasil analisis data uji coba skala besar yang mendapat tingkat keberhasilan dari segi aspek kognitif 93,% dengan kategori sangat baik, aspek afektif 94% dengan kategori sangat baik , dan aspek psikomotor 80% dengan kategori baik sehingga dapat digunakan bagi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pemalang. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dalam skripsi ini, maka dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan model pembelajaran bola basket melalui permainan multiring dapat memenuhi kebutuhan pembelajaran.Hal ini berdasarkan hasil evaluasi analisis data yang dilakukan oleh satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran terhadap kualitas produk yang mendapat persentase sebesar 70% (cukup baik) dan hasil analisis data uji coba skala besar yang mendapat tingkat keberhasilan dari segi aspek kognitif 93,10%, aspek afektif 94,49%, dan aspek psikomotor 79,30% sehingga dapat digunakan bagi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pemalang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Basket, Model Permainan Multi Ring.
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 00:09
Last Modified: 13 Nov 2015 00:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21808

Actions (login required)

View Item View Item