PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMA CITA CITAKU MUATAN IPA MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DI SDN NGALIYAN 03


LIA APRILIANI, 1401511001 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMA CITA CITAKU MUATAN IPA MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DI SDN NGALIYAN 03. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401511001-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh observasi awal di kelas IVA SDN Ngaliyan 03 Semarang. Keterampilan guru pada pembelajaran masih berpusat pada guru. Selain itu guru kurang memberikan kesempatan bertanya kepada siswa, dan guru kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Hasil belajar siswa mayoritas masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Untuk memperbaiki dilakukan penelitian melalui model Problem Based Learning berbantuan media Audio Visual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui model Problem Based Learning dengan media Audio Visual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA Tema Cita - Citaku?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa yang mecakup sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan/unjuk kerja pembelajaran IPA Tema Cita - Citaku dikelas IVA SDN Ngaliyan 03. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru (peneliti) dan siswa kelas IVA SDN Ngaliyan 03 yang berjumlah 33 siswa. Variabel penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa yang mencakup sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan/unjuk kerja. Data dikumpulkan dengan teknik tes dan non tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 22 dengan kategori cukup dan pada siklus II memperoleh skor 31 dengan kategori sangat baik, (2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 21,07 dengan kategori cukup dan pada siklus II memperoleh skor 26,03 dengan kategori baik, hasil belajar siswa terdiri dari : (a) sikap spiritual siklus I mendapat skor 8,4 dengan kategori baik dan siklus II memperoleh skor skor10,08 dengan kategori sangat baik, (b) sikap sosial siklus I mendapat skor 8,18 dengan kategori baik dan siklus mendapat skor 9,43 dengan kategori baik (c) pengetahuan dengan persentase ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 68,75% dan pada siklus sebesar 84,84% dan (d) keterampilan/unjuk kerja siklus I mendapat skor sebesar 12 dengan kategori baik dan silus II mendapat skor sebesar 13,7 mendapat skor sebesar sangat baik. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model Problem Based Learning dengan media Audio Visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA Tema Cita - Citaku yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IVA. Saran dari peneliti adalah melalui model Problem Based Learning ix berbantuan media Audio Visual ini semoga dapat memberikan kontribusi yang lebih baik dalam perbaikan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Audio Visual, IPA, Kualitas, Pembelajaran, Problem Based Learning
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 00:10
Last Modified: 13 Nov 2015 00:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21807

Actions (login required)

View Item View Item