UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBUATAN LAGU PADA SISWA KELAS VII C SMP 9 SEMARANG


Shelma Faizuna Anjani, 2501409074 (2015) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBUATAN LAGU PADA SISWA KELAS VII C SMP 9 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2501409074-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kreativitas membuat lagu memang belum banyak diajarkan oleh sekolah- sekolah.Melihat hal ini, peneliti mengangkat topik “upaya Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Melalui Pembuatan Lagu pada Siswa Kelas VII C SMP 9 Semarang”. Dengan judul ini, peneliti ingin menemukan jawaban atas rumusan masalah yang peneliti angkat: (1) apakah pembelajaran mencipta lagu dapat meningkatkan pengetahuan musik siswa kelas VII C SMP 9 Semarang?(2) apakah pembelajaran mencipta lagu dapat meningkatkan kreativitas musik siswa kelas VII C SMP 9 semarang?. Dengan rumusan masalah tersebut, peneliti harapkan tujuan dari penelitian ini dapat tercapai, yaitu siswa mampu membuat lagu secara mandiri, agar dapat mengasah kreativitas sehingga dapat meningkatkan hasil belajar Pada tahap ini, peneliti menggunakan metode “Penelitian Tiandakan Kelas” sehingga ada beberapa tahap yang harus dilakukan yaitu pra siklus, siklus I, dan siklus II. Kegiatan dimulai dari: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah kelas VII C SMP 9 Semarang, dengan total 33 siswa dan guru seni musik. Dari hasil penelitian, didapat hasil: (1) pembuatan lagu dapat meningkatkan pengetahuan musik siswa kelas VII C, SMP 9 Semarang. Meningkatnya pengetahuan musik tersebut dibuktikan dengan kemampuan siswa pada saat mengaplikasikan pengetahuan musik yang didapat dari apa yang disampaikan oleh guru, kedalam tulisan berbentuk notasi angka yang digabungkan menjadi sebuah lagu, (2) pembelajaran mencipta lagu dapat meningkatkan kreativtas musik siswa kelas VII C, SMP 9 Semarang. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya kreativitas dan hasil belajar, siswa mulai dapat mengembangkan kemampuannyatidak hanya sekedar memahami tetapi juga dapat mengembangkan motif, lirik, dan melodi lagu sehingga hasilnya lebih kreatif dan bervariatif. Hal lain juga terlihat pada angka peningkatan krativitas, apabila diambil dari siswa yang mempunyai nilai kreativitas tinggi 37% siswa pada tahap pra siklus, meningkat menjadi 43% pada siklus I, dan kembali terjadi peningkatan menjadi 45% pada siklus II. . Saran peneliti, kegiatan membuat lagu ternyata dapat meningkatkan pengetahuan bermusik siswa, diharapkan metode membuat lagu ini dapat dikuasai oleh para mahasiswa khususnya calon-calon guru seni musik, sehingga ketika terjun langsung di lapangan siswa benar-benar memahami materi yang disampaiankan oleh guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kreativitas, hasil belajar, dan membuat lagu.
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 00:12
Last Modified: 13 Nov 2015 00:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21806

Actions (login required)

View Item View Item