IMPLEMENTASI TEKNIK DISKUSI BRAINSTORMING DALAM MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA SMP


Deka Feriana , 4201411019 (2015) IMPLEMENTASI TEKNIK DISKUSI BRAINSTORMING DALAM MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA SMP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4201411019-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan formal di Indonesia cenderung masih mengutamakan kemampuan hafalan dan matematis siswa, padahal sejak abad ke-20 kemampuan yang paling dibutuhkan dunia adalah kemampuan berpikir kreatif. Tujuan dari Implementasi Teknik Diskusi Brainstorming dalam Model Pembelajaran Berbasis Proyek adalah untuk meningkatkan kreativitas siswa di SMP N 1 Gemuh. Populasi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII. Sampel penelitian diambil satu kelas sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran menggunakan teknik diskusi Braintorming dan satu kelas lainnya sebagai kelas kontrol tanpa penggunaan teknik diskusi Brainstorming. Dalam pengumpulan data penelitian, metode yang digunakan adalah metode dokumentasi, tes dan observasi. Penelitian ini menunjukan hasil yang cukup signifikan pada tingkat signifikansi 0,05 antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu thitung (5,85) > ttabel (2,00). Selain itu deskripsi peningkatan kreativitas dalam setiap aspek pembelajaran dengan menggunakan uji gain <g> mengindikasikan bahwa teknik diskusi Brainstorming lebih efektif dalam meningkatkan kreativitas dibandingkan teknik diskusi biasa. Peneliti menyarankan dalam meningkatkan kreativitas siswa harus lebih memperhatikan motivasi intrinsik maupun ekstrinsik siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Teknik Diskusi, Brainstorming, Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 00:05
Last Modified: 13 Nov 2015 00:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21803

Actions (login required)

View Item View Item