PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN DRIBBLE BOLABASKET MELALUI PERMAINAN TARIK EKOR BAGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 01 SULANG KABUPATEN REMBANG TAHUN 2014


Mirza Muhammad Sultonul islam, 6101408214 (2015) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN DRIBBLE BOLABASKET MELALUI PERMAINAN TARIK EKOR BAGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 01 SULANG KABUPATEN REMBANG TAHUN 2014. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6101408214-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penyelenggaraan pendidikan jasmani di sekolah menengah pertama khususnya pada materi Bolabasket belum dikelola dengan tepat, sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan siswa, baik dari segi psikomotorik, afektif dan kognitif. Kurangnya minat siswa dalam permainan Bolabasket karena sulitnya siswa melakukan teknik-teknik dalam permainan Bolabasket. Untuk melakukan dribble saja siswa masih kesulitan dan terjadi kesalahan. Permasalahan tersebut semakin mendalam dan berpengaruh secara signifikan terhadap proses pembelajaran penjasorkes, karena kurang didukung oleh tingkat kemampuan, kreativitas dan inovasi para guru penjasorkes selaku pelaksana khususnya dalam pengembangan model pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan model permainan drible Bolabasket melalui permainan tarik ekor bagi siswa kelas VII SMP N 1 Sulang Kabupaten Rembang Tahun 2014?. Tujuannya untuk mengembangkan dan menghasilkan model permainan Bolabasket melalui permainan tarik ekor untuk pembelajaran penjasorkes kelas VII SMP N 1 Sulang Kabupaten Rembang Tahun 2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Adapun prosedur pengembangan produk meliputi analisis produk yang akan diciptakan, mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba kelompok kecil dan revisi, uji coba kelompok besar dan produk akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Dari hasil uji coba diperoleh data dari hasil kuesioner dan evaluasi yaitu, ahli penjas 85,33% (baik), ahli pembelajaran 92%% (sangat baik), uji coba kelompok kecil 92,50% (sangat baik), dan uji lapangan 94,72% (sangat baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model pengembangan permainan drible Bolabasket melalui permainan tarik ekor ini dapat digunakan bagi siswa kelas VII SMP N 1 Sulang. Berdasarkan hasil penelitian di atas, permainan Bolabasket melalui permainan tarik ekor efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran penjasorkes. Diharapkan bagi guru Pendidikan jasmani di Sekolah Menengah Pertama untuk menggunakan produk model pengembangan permainan drible Bolabasket melalui tarik ekor ini sebagai alternatif dalam menyampaikan materi pembelajaran materi Bolabasket yang sesuai dengan karakteristik siswa untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Pembelajaran, Permainan Bola Basket Tarik Ekor
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 23:58
Last Modified: 12 Nov 2015 23:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21798

Actions (login required)

View Item View Item