PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DENGAN PENDEKATAN QUANTUM LEARING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP


Dwi Atik Karlina , 4201411009 (2015) PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DENGAN PENDEKATAN QUANTUM LEARING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4201411009-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran fisika lebih menekankan pada pemberian pengalaman langsung kepada siswa untuk mengembangkan kompetensi dan keterampilan. Keterlibatkan siswa secara aktif untuk berinteraksi dengan objek konkret dan penciptaan lingkungan belajar yang nyaman perlu diperhatikan selama proses pembelajaran agar motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa meningkat. Penelitian ini berjudul Pembelajaran Fisika Menggunakan Metode Demonstrasi dengan Pendekatan Quantum Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep. Desain penelitian yang digunakan yaitu One Group PretestPostest Design yang dilakukan pada peserta didik kelas X jurusan Kelistrikan Pesawat Udara (KPU) di SMK Penerbangan Kartika Aqasa Bhakti Semarang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Uji statistika yang digunakan meliputi uji normalitas dan uji gain ternormalisasi. Hasil penelitian ditinjau dari aspek motivasi belajar menunjukkan bahwa motivasi belajar mengalami peningkatan sebesar 0,45 yang termasuk dalam kategori sedang, dengan nilai rata-rata pretest peserta didik 34,76 dan nilai rata-rata posttest peserta didik sebesar 79,70. Pada pemahaman konsep hasil N-gain diperoleh 0,69 yang termasuk dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata pretest peserta didik 60,16 dan nilai rata-rata posttest peserta didik sebesar 77,89. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan rata-rata motivasi belajar dan pemahaman konsep. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika menggunakan metode demonstrasi dengan pendekatan quantum learning dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: demonstrasi, quantum learning, motivasi belajar, pemahaman konsep.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 00:00
Last Modified: 13 Nov 2015 00:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21795

Actions (login required)

View Item View Item