SURVEY KONDISI KESEGARAN JASMANI WASIT SEPAK BOLA C-1,C-2 DAN C-3 DALAM RANGKA PERSIAPAN TEST FISIK WASIT SEPAK BOLA SE KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2013


Yulianto, 6101408247 (2015) SURVEY KONDISI KESEGARAN JASMANI WASIT SEPAK BOLA C-1,C-2 DAN C-3 DALAM RANGKA PERSIAPAN TEST FISIK WASIT SEPAK BOLA SE KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2013. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6101408247-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam permainan sepakbola wasit sangat dibutuhkan, karena tanpa adanya seorang wasit suatu pertandingan akan berjalan dengan liar dan keras, karena tidak ada orang yang mengatur tata cara dan tata tertib permainan dan tidak ada juga yang disegani dilapangan. Salah satu syarat menjadi seorang wasit haruslah mempunyai kebugaran tubuh yang bagus, dan memiliki kesehatan yang baik, dan disyaratkan untuk memeriksakan kesehatannya kedokter, dimana salah satunya mengenai kebaikan mata agar dapat membedakan warna pelengkap yaitu merah, hijau, biru dan kuning. Dalam penelitian ini permasalahan yang dirumuskan sebagai berikut : Bagaimana Kondisi Kesegaran Jasmani Wasit Sepakbola C-1, C-2 dan C-3 Kabupaten Semarang Tahun 2013? Penelitian ini untuk Mengetahui Kondisi Kesegaran Jasmani Wasit Sepakbola C- 1, C-2 dan C-3 Kabupaten Semarang tahun 2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wasit sepakbola dengan sertifikat C-1, C-2 dan C-3 Kabupaten Semarang yang berjumlah 20 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh wasit sepakbola dengan sertifikat C- 1, C-2 dan C-3 Kabupaten Semarang yang berjumlah 20 orang Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Metode pengambilan data menggunakan metode survey. Data dari hasil instrument angket diolah dengan metode analisis deskripsi persentase. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat kesegaran jasmani wasit wasit sepakbola C-I, C-2, dan C-3 Kabupaten Semarang tahun 2013 rata-rata baik. Tingkat Kesegaran Jasmani wasit-wasit sepakbola C-I, C-2, dan C-3 Kabupaten Semarang tahun 2013 secara perorangan terdapat 11 orang dalam kategori baik, 7 orang dalam kategori cukup baik dan 2 orang dalam kategori kurang baik. Saran yang dapat peneliti berikan adalah wasit hendaknya selalu berusaha agar dapat memiliki kesegaran jasmani yang baik dengan cara menambah aktivitas gerak atau latihan fisik sesuai dengan takaran, pemenuhan gizi makanan, dan istirahat yang cukup, sehingga kesegaran jasmani yang baik sangat penting karena dapat menunjang kelancaran tugas atau pekerjaan sehari hari. Para wasit khususnya di Pengcab perlu menjaga dan meningkatkan kesegaran jasmaninya sebab walaupun tingkat kesegaran jasmaninya rata-rata baik menurut penelitian ini, tetapi masih ada yang masuk dalam kriteria cukup baik dan bahkan ada yang kurang baik melalui berbagai latihan fisik secara terprogram dan terencana secara baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 23:55
Last Modified: 12 Nov 2015 23:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21791

Actions (login required)

View Item View Item