PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING MELALUI STRATEGI DRTA (DIRECTED READING THINKING ACTIVITY)DENGAN MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS IIA SDN PATEMPON 02 SEMARANG


OKY OKTAVIANA PUTRI, 1401411597 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING MELALUI STRATEGI DRTA (DIRECTED READING THINKING ACTIVITY)DENGAN MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS IIA SDN PATEMPON 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411597-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia pada keterampilan membaca siswa kelas IIA SDN Petompon 02 masih terdapat permasalahan. Kemampuan siswa dalam membaca masih kurang. Model dan media yang digunakan guru belum mampu membina siswa secara maksimal agar terampil membaca. Hasil observasi didapatkan hasil belajar yaitu sebanyak 24 siswa atau 61,5 % belum mengalami ketuntasan yaitu 75 dari total keseluruhan 39 siswa. Peneliti berupaya meningkatkan keterampilan membaca dengan strategi DRTAdengan mediaflashcard. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimana cara meningkatkan keterampilan membacanyaring kelas IIA SDN Petompon 02 menggunakan strategi DRTA dengan mediaflashcar. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan membacanyaring siswa kelas IIA SDN Petompon 02 melaluistrategi DRTA dengan mediaflashcard. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IIA SDN Petompon02. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Analisis data terdiri atas data kuantitatif dan data kualitatif. Penerapan strategi DRTA dengan mediaflashcard dapat meningkatkan keterampilan membacanyaring siswa kelas IIA SDN Petompon 02. Terbukti dengan peningkatan keterampilan guru siklus I memperoleh skor 23, siklus II memperoleh skor 30, dan siklus III memperoleh skor 34. Aktivitas siswa siklus I memperoleh rata-rata jumlah skor setiap anak 19,74 dengan kriteria baik, siklus II memperoleh rata-rata jumlah skor setiap anak 25,67 dengan kriteria baik dan siklus III memperoleh rata-rata jumlah skor setiap anak 29,84 dengan kriteria sangatbaik. Keterampilan membacanyaring siswa pada siklus I memperoleh ratarata skor 64,47, siklus II memperoleh rata-rata skor 69,87 dan siklus III memperoleh rata-rata skor 71,97 dengan kriteria baik. Persentase ketuntasan klasikal nilai hasil keterampilan membacanyaring pada siklus I persentase 53%, siklus II persentase 63% dan siklus III persentase 79%. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui strategi DRTA dengan media flashcard dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan membacanyaring siswa kelas IIA SDN Petompon 02. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar guru merencanakan dan menerapkan pembelajaran dengan menggunakan model dan media pembelajaran yang efektif dan menyenangkan sehingga aktivitas siswa dan keterampilan membaca siswa meningkat

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: membacanyaring, DRTA, flashcard
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 00:05
Last Modified: 13 Nov 2015 00:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21787

Actions (login required)

View Item View Item