PENGARUH PENGGUNAKAN VIDEO TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN POLA DRAPING DI SMK PSM RANDUBLATUNGBLORA


Tiara Ayu Parastiwi, 5401409071 (2015) PENGARUH PENGGUNAKAN VIDEO TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN POLA DRAPING DI SMK PSM RANDUBLATUNGBLORA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5401409071-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran pola dasar dengan sistem draping di SMK PSM (Pesantren Sabilil Mutaqin) Randublatung belum menggunakan media pembelajaran yang bervariasi, masih menggunakan metode demonstrasi dan media papan tulis inilah yang melatarbelakangi peneliti membuat media video pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan video terhadap peningkatan hasil belajar mata pelajaran pola draping di SMK PSM RandublatungBlora. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Butik semester gasal sebanyak 28 siswa yaitu keseluruhan siswa dari kelas tersebut. Pengambilan sampel dilakukan total sampling. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-test post-test design. Merode penelitian menggunakan metode observasi, dokumentasi dan test. Rata-rata test kognitif pada pre-test dan post-test berturut-turut sebesar 71.62 dan 79.07. Berdasarkan analisis t-test diperoleh data t=6.85 sedangkan t(1-a)(n-1) = 1.71 karena t berada pada daerah penolakan Ho maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan video terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Tingkat ketuntasan hasil belajar siswa pada pre-test dan post-test berturut-turut adalah 44.4% dan 77.7%. Rata-rata test psikomotorik diperoleh data nilai pre-test sebesar 76.88 dan nilai post-test sebesar 85.07. Kemudian berdasarkan analisis t-test diperoleh data t=5.48 sedangkan t(1-a)(n-1)=1.71 karena t berada pada daerah penolakan Ho maka sama halnya dengan kognitif, test psikomotorik ini juga mengalami peningkatan setelah menggunakan video pembelajaran. Simpulan yang diperoleh adalah pemanfaatan media video sebagai penyajian materi pola draping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK PSM Randublatung-Blora pada materi pola draping pokok bahasan pola dasar busana. Pemanfaatan video pembelajaran dapat dipertimbangkan sebagai suatu alternatif media pembelajaran yang mampu meningkatkan kualitas pembelajaran materi pola draping. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah guru harus memperhatikan dan membimbing siswa saat pembelajaran dengan pola draping, siswa juga sering mempraktekan pola draping dirumah, dan dalam pembuatan media video selanjutnya diharapkan menggunakan alat yang lebih bagus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Video, Hasil Belajar, Mata pelajaran pola draping.
Subjects: T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 23:56
Last Modified: 12 Nov 2015 23:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21785

Actions (login required)

View Item View Item