UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERMAIN BOLABASKET DENGAN PPS MELALUI METODE AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KEDUNGWUNI PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Tri Aji Prakoso, 6101409090 (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERMAIN BOLABASKET DENGAN PPS MELALUI METODE AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KEDUNGWUNI PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6101409090-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah masih banyak siswa yang belum mencapai ketuntasan minimal dalam pembelajaran khususnyapassing,pivot dan shooting bolabasket pada siswa kelas VIII SMP N 1 Kedungwuni. Oleh sebab itu penulis mengadakan penelitian tentang kemampuan bermainbolabasket yang akan ditingkatkan dengan PPS(Passing, Pivot, dan Shooting) melalui metode audiovisual. Siswa diharapkan dapat meningkatkan kemampuan PPS karena sangat mempengaruhi permainan bolabasket siswa. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: bagaimanakah kondisi siswa terhadap penerapan perangkat pembelajaran PPS(Passing, Pivot, dan Shooting) sebelum penelitian?, bagaimanakah hasil belajar siswa pada pembelajaran PPS (Passing, Pivot, dan Shooting)? dan adakah peningkatan kemampuan siswa dalam bermain bolabasket? Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dengan observasi dan penilaian hasil belajar PPS(Passing, Pivot, dan Shooting) bolabasket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif dengan menggunakan prosentase untuk melihat hasil yang dicapai dalam kegiatan penelitian. Hasil penelitian adalah sebagai berikut, pembelajaran PPS (passing, pivot, dan shooting) dengan metode audiovisual mampu meningkatkan kemampuan bermain bolabasket siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (65,38%) dan siklus II (88,46%). PPS (passing, pivot, dan shooting) dengan metode audiovisual memiliki dampak positif dalam meningkatkan kemampuan bermain bolabasket siswa yang ditunjukan dengan mulai terbentuknya pola permainan bola basket yang baik. Oleh karena itu pembelajaran PPS (Passing, Pivot, dan Shooting) dengan audiovisual dapat membantu guru dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PPS (passing, pivot, dan shooting) menggunakan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas VIII SMP 1 Kedungwuni tahun 2014/2015. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran teknik PPS (passing, pivot, dan shooting) melalui media audiovisual dapat diterapkan sebagai salah satu pembelajaran alternatif yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.Diharapkan bagi guru penjas di SMP untuk menggunakan media audiovisual untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bolabasket, PPS (Passing, Pivot, dan Shooting) dan Audiovisual
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 23:44
Last Modified: 12 Nov 2015 23:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21783

Actions (login required)

View Item View Item