PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA KOKAMI PADA SISWA KELAS IV SDN 1 BEBENGAN KENDAL


PUJI ASTUTIK, 1401411594 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA KOKAMI PADA SISWA KELAS IV SDN 1 BEBENGAN KENDAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411594-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data awal yang didapatkan melalui observasi di kelas IV SDN 1 Bebengan Kendal ditemukan permasalahan dalam pembelajaran. Siswa kurang aktif dan responsif dalam pembelajaran, dan hasil belajar siswa masih rendah. Hal ini karena guru kurang memberi kesempatan siswa untuk memecahkan masalah yang dihadapinya. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPA melalui model Problem Based Instruction berbantuan media kokami pada siswa kelas IV SDN 1 Bebengan Kendal. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa melalui model Problem Based Instruction berbantuan media kokami. Subyek penelitian ini adalah 28 siswa dan guru kelas IV SDN 1 Bebengan Kendal. Rancangan penelitian ini menggunakan Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus penelitian, dengan setiap siklusnya satu pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kuant itatif dan kuali tatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) keterampilan guru meningkat setiap siklus, pada siklus I memperoleh skor 20 (cukup), siklus II memperoleh skor 25 (baik), dan siklus III memperoleh skor 30 (sangat baik); (2) aktivitas siswa meningkat setiap siklus, pada siklus I memperoleh skor 21,87 (baik), siklus II memperoleh skor 23,85 (baik), dan pada siklus III memperoleh skor 26,58 (sangat baik); (3) hasil belajar siswa meningkat setiap siklusnya, dengan ketuntasan belajar klasikal pada siklus I memperoleh persentase 67,8% (baik), siklus II memperoleh persentase 78,6% (sangat baik), dan siklus III memperoleh persentase 82,1% (sangat baik). Simpulan peneli t ian membuktikan penerapan model Problem Based Instruction berbantuan media kokami dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di kelas IV SDN I Bebengan. Saran penelitian ini adalah guru sebaiknya menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dipadu dengan penggunaan media yang inovatif sehingga kualitas pembelajaran IPA akan terus meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: IPA, Kokami, Kualitas, Pembelajaran, PBI
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 23:45
Last Modified: 12 Nov 2015 23:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21782

Actions (login required)

View Item View Item