MODEL PERMAINAN BOPITAK DALAM PENJASORKES KELAS VI SD NEGERI 1 MOJOAGUNG KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2015


Wigara Trisna Abdi, 6101410022 (2015) MODEL PERMAINAN BOPITAK DALAM PENJASORKES KELAS VI SD NEGERI 1 MOJOAGUNG KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6101410022-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran penjasorkes khususnya pada materi permainan dan olahraga guru sering memberikan modifikasi permainan bola besar tetapi dalam pemberian modifikasi permainan bola kecil masih kurang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Model Permainan Bopitak Dalam Penjasorkes Kelas VI SD Negeri 1 Mojoagung Kabupaten Grobogan Tahun 2015?“. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa model permainan bopitak dalam penjasorkes kelas VI SD Negeri 1 Mojoagung Kabupaten Grobogan. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan dari Borg & Gall dalam Martin Sudarmono yaitu: (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan yang didapat dari hasil pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa model permainan bopitak), (3) uji validasi ahli yaitu menggunakan satu ahli penjas dan satu ahli pembelajaran penjasorkes sekolah dasar, serta uji coba skala kecil, dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba skala kecil (10 siswa). Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji coba lapangan (26 siswa), (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji coba lapangan, (7) hasil akhir model permainan bopitak bagi siswa kelas VI yang dihasilkan melalui revisi uji coba lapangan. Hasil penilaian dari validasi ahli didapat persentase sebesar 82,80% (baik). Hasil dari kuesioner siswa pada uji coba skala kecil didapat persentase sebesar 74,41% (baik). Hasil dari kuesioner siswa pada uji coba lapangan didapat persentase sebesar 76,84% (baik). Berdasarkan hasil analisis data dari evaluasi ahli penjas dan ahlii pembelajaran serta dari hasil kuisioner siswa maka produk permainan bopitaki dikatakan layak sehingga dapat digunakan bagi siswa kelas VI di SD Negeri 1 Mojoagung. Dapat disimpulkan bahwa model permainan bopitak ini dapat digunakan sebagai alternatif dalam penyampaian materi permainan dan olahraga dalam penjasorkes untuk siswa kelas VI. Saran bagi guru penjasorkes di sekolah dasar dapat menggunakan produk model permainan bopitak sebagai alternatif model pembelajaran penjasorkes yang efektif dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: permainan bopitak, penjasorkes
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 23:16
Last Modified: 12 Nov 2015 23:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21770

Actions (login required)

View Item View Item