KREATIVITAS GURU DALAM MEMODIFIKASI SARANA DAN PRASARANA PENJAS SE-KAB. JEPARA
Wahyu Putra Perdana, 6101410033 (2015) KREATIVITAS GURU DALAM MEMODIFIKASI SARANA DAN PRASARANA PENJAS SE-KAB. JEPARA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi tentang seberapa besar kreativitas guru penjasorkes di SMP Negeri se Kab.Jepara dalam memodifikasi sarana dan prasarana pembelajaran. Sehingga guru dapat menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Yang dikarenakan guru kurangnya kesiapan dalam proses pembelajaran yang dimana sarana dan prasara yang kurang sebagai penghambat proses pembelajaran sekolah. Begitu juga dengan siswa kurangnya kesiapan guru dalam pembelajaran siswa merasa bosan dengan pengajaran yang monoton. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode survei dengan pengambilan data menggunakan angket. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan sample 26 sekolah dari 39 sekolah yang ada di Kab.Jepara. uji validitas butir dengan mengkorelasikan skor butir dengan total skor dan menggunakan rumus product moment dari Karl Person dan uji realibilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil Penelitian menunjukan bahwa kreativitas guru dalam memodifikasi sarana dan prasarana dalam pembelajaran penjas di SMP se-Kab.Jepara sebanyak 26 orang guru, dengan presentase; 57,64% kreativitasnya termasuk tinggi dan 42,31% kreativitasnya termasuk kategori sedang. Dengan menggunakan beberapa faktor dalam pengambilan data seperti (1) Kemampuan dalam melihat masalah yang berubungan dengan sarana dan prasarana pendidikan jasmani berada pada kategori sedang; (2) Kemampuan guru dalam menciptakan dan menerapkan ide untuk memecahkan masalah melalui modifikasi berada pada kategori sedang dan; (3) Sikap terbuka dan mau menerima hal-hal baru untuk kemajuan pembelajaran pendidikan jasmani berada pada kategori sedang. Maka dapat disimpulakan dari beberapa faktor tersebut bahwa Kabupaten Jepara termasuk kategori tinggi. Peneliti memberi saran kepada guru (1) Guru harus bisa meningkatkan kemampuannya dalam memodifikasi (2) Guru harus bisa menciptakan ide dan penerapan ide dalam pembelajaran berlangsung (3) Guru harus bisa mengevaluasi yang diajarkan kepada siswa
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas dalam Memodifikasi Sarana dan Prasarana |
Subjects: | O Sport > Education, Training, Research O Sport > Physical fitness |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | muhamad slamet unnes |
Date Deposited: | 12 Nov 2015 23:12 |
Last Modified: | 12 Nov 2015 23:12 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21768 |
Actions (login required)
View Item |