KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN VIDEO DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP KANISIUS 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Maria Magdalena Titisaning Rohani , 4201410087 (2015) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN VIDEO DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP KANISIUS 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4201410087-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran fisika merupakan proses belajar mengajar yang bertujuan memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan proses. Kenyataannya, permasalahan yang terjadi, pembelajaran fisika masih berpusat pada guru dan siswa kurang untuk mengembangkan kemampuan berpikirnya.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa SMP Kanisius 1 Surakarta dengan menggunakan video dalam pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together.Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII D dan E SMP Kanisius 1 Surakarta. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes tulis, lembar angket respon belajar dan lembar observasi aktifitas. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, ketuntasan hasil belajar, uji kesamaan dua varians, uji hipotesis, uji peningkatan skor rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diambil simpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together efektif terhadap hasil belajar fisika materi pokok bahasan gaya pada siswa kelas VIII SMP Kanisius 1 Surakarta yang ditunjukkan dengan uji ketuntasan belajar pada kelas VIII E (kelas eksperimen) sebesar 75,87 dan uji peningkatan hasil belajar diperoleh hasil bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan yang lebih signifikan. Jika ditinjau dari aspek afektif dan aspek psikomotorik diperoleh nilai rata-rata sebesar 76 dan 76 dimana nilai tersebut dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Numbered Heads Together, Video Pembelajaran, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 23:10
Last Modified: 12 Nov 2015 23:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21766

Actions (login required)

View Item View Item