PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SEPAK BOLA DENGAN PERMAINAN BOTAK DALAM PENJASORKES KELAS XI SMA NEGERI 1 KASIMAN KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Angga Nur Hakim, 6101410070 (2015) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SEPAK BOLA DENGAN PERMAINAN BOTAK DALAM PENJASORKES KELAS XI SMA NEGERI 1 KASIMAN KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1138Kb)

    Abstract

    Latar belakang pemelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran penjas khususnya dalam materi pembelajaran sepak bola masih belum terlaksana dengan efektif, setiap kali pembelajaran sepakbola siswa kurang berminat untuk melakukan gerak dan beberapa siswa putri kurang bersemangat dalam pembelajaran sepak bola. Untuk itu dapat ditarik rumusan masalah: Bagaimana pengembangan model pembelajaran sepak bola dengan permainan botak dalam penjasorkes Kelas XI SMA Negeri 1 Kasiman Kabupaten Bojonegoro?. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Sugiyono yang meliputi: (1) melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa penjas peraturan permainan botak), (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli dan ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil, dengan menggunakan kuesioner dan konsultaasi serta evaluasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil (10 siswa). Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti. (5) Uji coba lapangan (30 siswa). (6) Revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji coba lapangan. (7) Hasil akhir model pembelajaran sepak bola melalui permainan botak bagi siswa kelas XI SMA yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli (satu ahli penjas dan satu ahli pembelajaran), uji coba kelompok kecil (10 siswa SMA Negeri 1 Kasiman), dan ujicoba lapangan (30 siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kasiman). Data mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengungkap aspek kognitif, psikomotor, dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil uji coba skala kecil diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli penjas 80% (baik), ahli pembelajaran 84% (baik),dan hasil uji coba lapangan diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli penjas 85% (baik), ahli pembelajaran 88% (baik). Uji coba skala kecil 86,16% (baik), dan uji coba lapangan 88,19% (baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran sepak bola melalui permainan botak dapat digunakan bagi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kasiman Kabupaten Bojonegoro. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan bagi guru Pendidikan jasmani di Sekolah Menengah Atas untuk menggunakan produk model pembelajaran sepak bola melalui permainan botak dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: pengembangan, sepak bola, Botak
    Subjects: O Sport > Education, Training, Research
    O Sport > Physical fitness
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
    Depositing User: muhamad slamet unnes
    Date Deposited: 12 Nov 2015 18:05
    Last Modified: 12 Nov 2015 18:05

    Actions (login required)

    View Item