MODEL PENGEMBANGAN PERMAINAN FUN HOCKEY PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BAWANG KECAMATAN BAWANG KABUPATEN BATANG TAHUN 2014


Wahyu Putri Vembriana Dewi, 6101410074 (2015) MODEL PENGEMBANGAN PERMAINAN FUN HOCKEY PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BAWANG KECAMATAN BAWANG KABUPATEN BATANG TAHUN 2014. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6101410074-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengembangan harus dilakukan untuk menciptakan variasi baru, sebagai alternatif dalam pembelajaran serta untuk memotivasi siswa agar lebih aktif dalam bergerak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana model pengembangan permainan Fun Hockey pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bawang Kecamatan Bawang Kabupaten Batang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan model pengembangan permainan Fun Hockey dalam pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bawang Kecamatan Bawang Kabupaten Batang. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan dari Borg &Gall yaitu: (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan yang didapat dari hasil pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (model permainan Fun Hockey), (3) uji validasi ahli yaitu menggunakan satu ahli penjas (keterampilan hockey) dan satu ahli pembelajaran penjasorkes sekolah menengah atas, serta uji coba skala kecil, dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi yang kemudian di analisis, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba skala kecil (12 siswa). Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji coba lapangan (28 siswa), (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji coba lapangan, (7) hasil akhir permainan Fun Hockey bagi siswa kelas XI yang dihasilkan melalui revisi uji coba lapangan. Dari data hasil penelitian, data uji coba skala kecil evaluasi ahli yaitu, ahli penjas 74,7% (baik), ahli pembelajaran 84% (baik) dan data uji coba lapangan evaluasi ahli yaitu, ahli penjas 81,33% (baik), ahli pembelajaran 89,33% (baik). Dari uji coba skala kecil didapat hasil kuesioner dan pengamatan rata-rata persentase 84,35% (baik). Sedangkan untuk uji coba lapangan skala besar dari hasil kuesioner rata-rata persentase pilihan jawaban yang sesuai 89,42% (baik). Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa model pengembangan permainan Fun Hockey ini dapat diterapkan sebagai alternatif model pembelajaran penjasorkes bagi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bawang Kecamatan Bawang Kabupaten Batang. Saran bagi guru agar model permainan ini dapat menjadi alternatif penyampaian pembelajaran, model permainan ini diharapkan pembelajaran akan lebih menarik dan variatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Permainan Hockey, Permainan Fun Hockey.
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 23:01
Last Modified: 12 Nov 2015 23:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21759

Actions (login required)

View Item View Item