SIMULASI PERAMALAN TINGKAT INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI PROVINSI JAWA TENGAH DENGAN METODE EXPONENTIAL SMOOTHING MENGGUNAKAN MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0


Shela Ardhiana Rezwari , 4112312033 (2015) SIMULASI PERAMALAN TINGKAT INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI PROVINSI JAWA TENGAH DENGAN METODE EXPONENTIAL SMOOTHING MENGGUNAKAN MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4112312033-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) merupakan suatu ukuran yang digunakan untuk mengukur pencapaian pembangunan manusia di suatu wilayah. Ukuran kinerja pembangunan secara keseluruhan dibentuk melalui pendekatan tiga dimensi dasar, yaitu umur panjang dan sehat, pengetahuan, dan penghidupan yang layak. Suatu cara untuk memprediksi kondisi di masa yang akan datang disebut dengan forecast. Model forecast exponential smoothing merupakan salah satu model peramalan deret berkala yang dilakukan dengan perhitungan secara terus menerus menggunakan data terbaru, untuk memprediksi kemungkinan pada periode mendatang. Keterkaitan dunia komputasi dalam dunia sehari-hari sangatlah penting di era globalisasi seperti ini yang diharapkan semua pekerjaan tidak dikerjakan secara manual. Sebagai contoh pengolahan dan perhitungan data tertentu yang bisa diaplikasikan dalam sebuah program sehingga ketika seseorang melakukan perhitungan data bisa lebih menghemat waktu dalam menghitung. Tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui cara meramalkan data dengan metode exponential smoothing dan mengetahui seberapa besar nilai forecast (peramalan) Indeks Pembangunan Manusia Provinsi Jawa Tengah Tahun 2014 menurut pemilihan nilai alpha dengan mengambil tiga sampel yaitu nilai α terkecil yaitu 0,1; nilai tengah yaitu 0,5; dan nilai α tebesar yaitu 0,9, serta membuat program aplikasi untuk mempermudah perhitungan dengan menggunakan Miscrosoft Visual Basic 6.0. Hasil dari penulisan tugas akhir ini yaitu peramalan IPM Provinsi Jawa Tengah Tahun 2014 dengan alpha 0,1; 0,5; dan 0,9 untuk metode single exponential smoothing berturut-turut sebesar 71,34; 73,49; dan 73,98. Untuk metode double exponential smoothing berturut-turut sebesar 72,53; 74,50; dan 74,69. Sedangkan untuk metode triple exponential smoothing berturut-turut sebesar 73,43; 74,,62; dan 74,92. Diperoleh kesimpulan bahwa peramalan terbaik untuk IPM Indeks Pembangunan Manusia Tahun 2014 untuk alpha 0,1 menggunakan metode triple exponential smoothing diperoleh nilai forecast sebesar 73,43. Untuk alpha 0,5 menggunakan metode triple exponential smoothing diperoleh nilai forecast sebesar 74,62. Sedangkan untuk alpha 0,9 menggunakan metode double exponential smoothing diperoleh nilai forecast sebesar 74,61. Saran yang diberikan pada pembuatan program simulasi ini yaitu melakukan pengembangan pada program simulasi yang telah dibuat dan memperhatikan kekurangan maupun kelemahan pada program simulasi tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peramalan dan Exponential Smoothing.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 22:56
Last Modified: 12 Nov 2015 22:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21755

Actions (login required)

View Item View Item