PENGEMBANGAN MODEL VIDEO PEMBELAJARAN PASSING DALAM PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 15 SEMARANG KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


JAYANTI , 6101410080 (2015) PENGEMBANGAN MODEL VIDEO PEMBELAJARAN PASSING DALAM PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 15 SEMARANG KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6101410080-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah seiring berkembangnya teknologi, muncullah berbagai macam bentuk media pembelajaran baru yang semakin canggih, mulai dari media cetak lalu media audio hingga media audio-video serta media interaktif dengan komputer. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran selalu mengikuti perkembangan teknologi dan pengetahuan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan model video pembelajaran passing dalam permainaan bola voli bagi siswa kelas XI SMA Negeri 15 Semarang Kota Semarang. Tujuan peneltian ini adalah menghasilkan produk pengembangan model video pembelajaran passing dalam permainan bola voli pada siswa kelas XI SMA Negeri 15 Semarang Kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan dari Borg &Gall yaitu: (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan yang didapat dari hasil pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa model video pembelajaran passing), (3) uji validasi ahli yaitu menggunakan satu ahli penjas dan satu ahli pembelajaran penjasorkes sekolah menengah atas, serta uji coba skala kecil, dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba skala kecil (10 siswa). Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji coba lapangan (25 siswa), (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji coba lapangan, (7) hasil akhir model video pembelajaran passing dalam permainan bola voli pada siswa kelas XI yang dihasilkan melalui revisi uji coba lapangan. Dari data hasil penelitian, data uji coba skala kecil evaluasi ahli yaitu, ahli penjas 81,5% (baik), ahli pembelajaran 83% (baik) dan data uji coba lapangan evaluasi ahli yaitu, ahli penjas 83% (baik), ahli pembelajaran 86% (baik). Dari data uji coba skala kecil di dapat hasil kuesioner dan pengamatan rata-rata persentase 87% (baik), sedangkan untuk uji coba lapangan didapat hasil kuesioner dan rata-rata persentase 89.5% (baik). Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa pengembangan model video pembelajaran passing ini dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran penjasorkes bagi siswa kelas XI SMA Negeri 15 Semarang Kota Semarang. Saran bagi guru penjasorkes di sekolah menengah atas agar pengembangan model video pembelajaran passing dapat digunakan sebagai alternatif dalam menyampaikan materi pembelajaran penjasorkes materi bola voli.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, model, video, pembelajaran, passing, bola voli
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 22:46
Last Modified: 12 Nov 2015 22:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21753

Actions (login required)

View Item View Item