PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PAKINTELAN 03 SEMARANG

APPITA ARDIANI , 1401411282 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PAKINTELAN 03 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2318Kb)

    Abstract

    Pendidikan Kewarganegaraan diartikan sebagai mata pelajaran yang fokus pada pembentukan warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak dan kewajibanya untuk menjadi warga negara yang cerdas, terampil dan berkarakter seperti yang diamanatkan oleh pancasila dan UUD 1945. Berdasarkan pengamatan peneliti, diketahui bahwa guru belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif, pemanfaatan media pembelajaran yang belum optimal, serta aktivitas siswa yang masih pasif dalam kegiatan pembelajaran sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Hal ini ditunjukkan dari 25 siswa, 17 siswa diataranya belum mencapai KKM. Solusi dari beberapa kendala tersebut adalah dilaksanakannya Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan media Visual. Model pembelajaran NHT memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling sharing ide-ide dan mempertimbangkan jawaban yang paling tepat. Rumusan masalah dalam penelitian adalah apakah model NHT dengan media visual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas IV SDN Pakintelan 03 Kota Semarang. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PKn menggunakan model pembelajaran NHT dengan media Visual pada siswa kelas IV SDN Pakintelan 03 Semarang. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Pakintelan 03 Semarang, sebanyak 25 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Sumber data: guru, siswa, data dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik pengumpulan data meliputi teknik tes dan non tes, teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian keterampilan guru siklus I memperoleh skor 16 (cukup), siklus II memperoleh skor 25 (baik), siklus III memperoleh skor 30 (sangat baik). Skor aktivitas siswa pada siklus I 2,68 (baik), pada siklus II 2,91 (baik), dan pada siklus III 3,45 (sangat baik). Sedangkan rata-rata hasil belajar siklus I sebesar 68,4 dengan ketuntasan klasikal 56%, siklus II sebesar 74,4 dengan ketuntasan klasikal 76%, siklus III sebesar 82,4 dengan ketuntasan klasikal 88%. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah model pembelajaran NHT dengan media Visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bahwa model pembelajaran kooperatif hendaknya diterapkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: visual, kualitas pembelajaran, Numbered Head Together
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
    Date Deposited: 12 Nov 2015 17:44
    Last Modified: 12 Nov 2015 17:44

    Actions (login required)

    View Item