MODEL PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENJASORKES MELALUI PERMAINAN TAKBALL BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI SRONDOL WETAN 05 BANYUMANIK SEMARANG TAHUN 2014


Rival Ihdin Verdiansyah, 6101410092 (2015) MODEL PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENJASORKES MELALUI PERMAINAN TAKBALL BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI SRONDOL WETAN 05 BANYUMANIK SEMARANG TAHUN 2014. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6101410092-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil Observasi pada 5 Sekolah Dasar di Kecamatan Banyumanik Semarang adalah hampir 100% siswa belum pernah diajarkan Takraw hanya pernah melihat di media televisi dan berita, 80% siswa minat bermain Takraw. Permainan Takraw sedikit diajarkan oleh guru, guru hanya memberi tahu tentang Takraw, serta guru paham sulitnya permainan takraw bagi siswa Sekolah Dasar. Rumusan masalahnya adalah Apakah bentuk permainan Takraw Takball efektif untuk meningkatkan pembelajaran dalam pendidikan jasmani dan olahraga di Sekolah Dasar Srondol Wetan 05 Banyumanik Semarang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Permainan Takball efektif dalam meningkatkan belajar siswa khususnya pembelajaran Takraw bagi kelas V SD Negeri Srondol Wetan 05 Semarang. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Brog & Gall dalam Sugiyono (2010 : 9) yang telah dimodifikasi, yaitu : (1) melakukan pendahuluan dengan cara Observasi lapangan dan landasan teori, (2) mengembangkan Produk awal, (3) evaluasi para ahli Penjas dan ahli Pembelajaran, serta melakukan uji coba skala kecil, (4) revisi produk dari ahli Penjas dan Pembelajaran berdasarkan uji coba skala kecil (24 siswa), (5) uji skala besar (79 siswa), (6) revisi Produk berdasarkan uji coba skala besar, (7) hasil Model Pengembangan Pembelajaran Penjasorkes Melalui Permainan Takball bagi siswa kelas V Sekolah Dasar Srondol wetan 05 Banyumanik Semarang. Data berupa hasil penilaian kualitatif produk, saran untuk perbaikan Produk dan hasil kuesioner oleh siswa, Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan dengan mengunakan kuesioner dan pengamatan yang didalamnya terdapat aspek Kognitif, Afektif, dan Psikomotor ditujukan kepada siswa yang menggunakan produk. Hasi dari uji coba skala kecil mendapatkan hasil psikomotorik 89,58% afektif 91,66% kognitif 94,50%, rata – rata dari hasil tersebut adalah 91,91% (sangat Baik) dan uji coba skala besar mendapatkan hasil psikomotorik 85,01% afektif 90,07% kognitif 88,74%, rata – rata hasil tersebut adalah 87,94% (Baik). Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa Permainan Takball efektif dalam pembelajaran pendidikan jasmani bagi siswa kelas V SD N Srondol Wetan 05 Banyumanik Semarang. Disarankan guru penjas dapat memanfaatkan Permainan Takball sebagai alternative Pembelajaran Takraw di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Takball, Takraw.
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 22:36
Last Modified: 12 Nov 2015 22:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21749

Actions (login required)

View Item View Item