PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (SQ4R) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL KELAS IV SD


FITRIA FATMAWATI , 1401411281 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (SQ4R) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL KELAS IV SD. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411281-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan siswa untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis. Namun berdasarkan hasil refleksi terdapat permasalah- an dalam pembelajaran membaca pemahaman yaitu proses pembelajaran yang kurang bervariatif, kurangnya aktivitas siswa dan pada tingkat keberhasilan belajar siswa sebesar 46,15% dengan kriteria sedang. Untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Sekaran 01 Semarang digunakan model SQ4R berbantuan media audio visual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan SQ4R berbantuan media audio visual pada proses pembelajaran membaca pe- mahaman, aktivitas siswa, dan keterampilan siswa kelas IV SDN Sekaran 01 Semarang. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah mendeskipsikan proses pembelajaran, meningkatkan aktivitas dan keterampilan siswa dalam pembelajar- an membaca pemahaman melalui SQ4R berbantuan media audio visual kelas IV SDN Sekaran 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap penelitian, yaitu perencanaan, pe- laksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Sekaran 01 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non-tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) proses pembelajaran pada siklus I sampai siklus III berlangsung dengan sangat baik. 2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 19 dengan kategori baik, pada siklus II memperoleh rata-rata skor 22 dengan kategori sangat baik, pada siklus III memperoleh skor 23,9 dengan kategori sangat baik; 3) keterampilan membaca pemahaman siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 10,9 dengan kategori baik, pada siklus II memperoleh skor 15,4 dengan kategori sangat baik, pada siklus III memperoleh skor 17,7 dengan kategori sangat baik. Simpulan penelitian ini adalah melalui SQ4R berbantuan audio visual dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa. Saran dari peneliti adalah agar guru menerapkan SQ4R berbantuan media audio visual pada saat pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media audio visual, membaca pemahaman, SQ4R
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 12 Nov 2015 22:28
Last Modified: 12 Nov 2015 22:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21748

Actions (login required)

View Item View Item