PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL NUMBER HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS V SDN PAKINTELAN 03 KOTA SEMARANG


YUNI NUR HIDAYAH , 1401411280 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL NUMBER HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS V SDN PAKINTELAN 03 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411280-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan sebagai mata pelajaran yang fokus pada pembentukan warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak dan kewajibanya untuk menjadi warga negara yang cerdas, terampil dan berkarakter seperti yang diamanatkan oleh pancasila dan UUD 1945. Berdasarkan pengamatan peneliti di SDN Pakintelan 03 kota Semarang dalam pembelajaran PKn, ditemukan masalah bahwa guru belum menggunakan model pembelajaran secara variatif, pemanfaatan media pembelajaran belum optimal, serta aktivitas siswa masih pasif sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Hal ini ditunjukkan dari 30 siswa, 17 siswa belum mencapai KKM. Solusi dari beberapa kendala tersebut adalah dilaksanakannya Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Number Head Together berbantuan media Audiovisual. Number Head Together adalah model pembelajaran kooperatif yang anggota kelompok mendapatkan kesempatan yang sama untuk memberikan kontribusi dan mendengarkan pandangan serta pemikiran anggota kelompok lain. Model pembelajaran ini juga memastikan bahwa setiap siswa atau anggota kelompok mendapatkan kesempatan yang sama untuk berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian adalah Apakah penerapan model Number Head Together berbantuan media Audiovisual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn pada siswa kelas V SDN Pakintelan 03 Kota Semarang? Tujuan penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PKn melalui model pembelajaran Number Head Together berbantuan media Audiovisual pada siswa kelas V SDN Pakintelan 03 Kota Semarang. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Pakintelan 03 Semarang, sebanyak 30 siswa, terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Sumber data: guru, siswa, data dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik pengumpulan data meliputi teknik tes dan non tes, teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian keterampilan guru, pada siklus I diperoleh skor 23 kategori baik. Pada siklus II diperoleh skor 27 kategori baik. Pada siklus III diperoleh skor 31 kategori sangat baik. Skor aktivitas siswa, pada siklus I diperoleh skor 22,6 kategori baik. Pada siklus II diperoleh skor 26,57 kategori baik. Pada siklus III diperoleh skor 29.6 kategori baik. Sedangkan rata- rata hasil belajar pada siklus I 69,83, dan ketuntasan klasikal 66,67%. Pada siklus II diperoleh data dengan nilai rata- 76,83, dan ketuntasan klasikal sebesar 76,67% yang. Pada siklus III diperoleh data dengan nilai rata-rata 83.3 dan ketuntasan klasikal sebesar 86,67%. Simpulan dari hasil penelitian di SDN Pakintelan 03 Kota Semarang adalah model pembelajaran Number Head Together berbantuan media Audiovisual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bahwa model Number Head Together hendaknya diterapkan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Audiovisual, Kualitas pembelajaran, Number Head Together
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 12 Nov 2015 22:16
Last Modified: 12 Nov 2015 22:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21743

Actions (login required)

View Item View Item