PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA POWER POINT PADA SISWA KELAS IV SDN TUGUREJO 01 KOTA SEMARANG

Alfis Nurma Tafida, 1401411590 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA POWER POINT PADA SISWA KELAS IV SDN TUGUREJO 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3481Kb)

    Abstract

    Berdasarkan observasi pembelajaran PKn di kelas IV SDN Tugurejo 01 Kota Semarang ditemukan adanya permasalahan yaitu guru belum menggunakan model dan media yang inovatif, siswa tidak memperhatikan pelajaran dan berbicara dengan temannya serta kurang termotivasi, sehingga berakibat pada rendahnya hasil belajar PKn. Adapun solusi untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan media Power Point. Model pembelajaran Mind Mapping sangat baik untuk merencanakan dan mengatur berbagai hal. Adapun alasan pemilihan model Mind Mapping dan media Power Point tersebut adalah dengan pertimbangan bahwa model dan media tersebut dirasa lebih efektif untuk menuangkan semua gagasan yang ada di dalam pikiran dalam pembelajaran PKn. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu apakah penerapan model Mind Mapping berbantuan media Power Point dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas IV SDN Tugurejo 01 Kota Semarang? Sedangkan tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn melalui model Mind Mapping berbantuan media Power Point pada siswa kelas IV SDN Tugurejo 01 Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam tiga siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek Penelitian ini adalah guru dan siswa SDN Tugurejo 01 kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterampilan guru dalam pembelajaran PKn mengalami peningkatan, pada siklus I mendapat skor 26, pada siklus II mendapat skor 30, pada siklus III dengan skor 35, (2) aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn juga mengalami peningkatan, pada siklus I mendapat skor 26,17, pada siklus II mendapat skor 32,72, menjadi 34,04 pada siklus III, (3) hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I mengalami ketuntasan klasikal sebesar 64,58%, siklus II mengalami ketuntasan klasikal sebesar 75%, dan pada siklus III menjadi 85,4%. Peningkatan kualitas pembelajaran PKn melalui model pembelajaran Mind Mapping berbantuan media Power Point ditandai dengan meningkatnya keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn melalui model Mind Mapping berbantuan media Power Point meningkat.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kualitas; Mind Mapping; Pembelajaran; PKn; Power Point
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: cahyo fajar unnes
    Date Deposited: 12 Nov 2015 18:39
    Last Modified: 12 Nov 2015 18:39

    Actions (login required)

    View Item