PENGARUH KEPERCAYANAN MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK (Studi Pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang Pengguna SIM Card Merek IM3)


Pradana Vidyawati , 1550404041 (2009) PENGARUH KEPERCAYANAN MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK (Studi Pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang Pengguna SIM Card Merek IM3). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KEPERCAYANAN MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK (Studi Pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang Pengguna SIM Card Merek IM3)]
Preview
PDF (PENGARUH KEPERCAYANAN MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK (Studi Pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang Pengguna SIM Card Merek IM3)) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya suatu fenomena akan rendahnya loyalitas mahasiswa Universitas Negeri Semarang pada IM3, SIM Card yang paling banyak digunakan oleh para mahasiswa. Berdasarkan studi pendahuluan pada 21 mahasiswa yang menggunakan SIM Card IM3 diketahui mahasiswa memiliki loyalitas yang rendah pada merek IM3. Hal ini ditandai dengan perpindahan merek yang mereka lakukan meskipun kembali pada IM3 setelah menggunakan merek lain. Dalam kurun waktu satu bulan, 50 % mahasiswa melakukan satu kali perpindahan merek, 21 % berpindah merek sebanyak dua kali, 7 % sebanyak tiga kali, dan 21 % melakukan perpindahan merek lebih dari tiga kali. Loyalitas mahasiswa yang rendah pada SIM Card merek IM3 diduga berhubungan dengan kepercayaan konsumen terhadap IM3, seperti teori yang menyatakan bahwa kepercayaan (trust) dipandang sebagai aspek krusial dalam pembentukan loyalitas merek. Oleh karena itu penulis ingin mengetahui pengaruh kepercayaan terhadap loyalitas mahasiswa Universitas Negeri Semarang pada SIM Card merek IM3. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepercayaan dan loyalitas mahasiswa Universitas Negeri Semarang pada SIM Card merek IM3, serta pengaruh kepercayaan merek terhadap loyalitas merek IM3. Penelitian ini melibatkan 549 mahasiswa Universitas Negeri Semarang sebagai sampel penelitian yang diambil dengan menggunakan teknik pengambilan sampel berupa cluster sampling. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Pengambilan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan skala kepercayaan merek dan skala loyalitas merek. Pada skala kepercayaan merek dihasilkan koefisien reliabilitas sebesar 0,850 dan dari 40 item didapatkan 33 item yang valid. Pada skala loyalitas merek dihasilkan koefisien reliabilitas sebesar 0,863 dan dari 53 item didapatkan 37 item yang valid. Analisis data menggunakan teknik regresi dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS versi 12 for windows. Hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan ada pengaruh yang signifikan dari kepercayaan merek terhadap loyalitas merek IM3. Hal ini diperoleh hasil uji F Test dimana F hitung sebesar 1485,103 dengan taraf signifikansi 0,000. Oleh karena probabilitas (0,000) lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05) maka model regresi dapat digunakan untuk memprediksi loyalitas merek. Tingkat kepercayaan dan loyalitas mahasiswa Universitas Negeri Semarang pada SIM Card merek IM3 termasuk dalam kategori sedang cenderung rendah. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kepercayaan merek mempengaruhi loyalitas merek IM3. Oleh karena itu, saran yang diberikan kepada PT Indosat sebagai produsen IM3 adalah memperbaiki kualitas IM3 agar lebih unggul dibandingkan merek lainnya terutama dalam hal keekonomisan, luasnya jaringan dan kelancaran dalam berkomunikasi, lebih berinovasi pada produknya, serta promosi yang dapat dijamin kebenarannya. Hal itu perlu dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen pada merek IM3 sehingga loyalitas konsumen yang hanya pada tahap kognitif bisa menjadi loyalitas tindakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan Merek, Loyalitas Merek
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 May 2011 08:16
Last Modified: 25 Apr 2015 04:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2174

Actions (login required)

View Item View Item