PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DAN TEORI PIAGET UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD MANGKANG KULON 02 SEMARANG


SUHARTINI, 1401411278 (2015) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DAN TEORI PIAGET UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD MANGKANG KULON 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411278-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil refleksi yang dilakukan peneliti bersama kolaborator ditemukan masalah mengenai kualitas pembelajaran Matematika yang belum optimal pada siswa kelas V SD Mangkang Kulon 02 Semarang. Masalah tersebut diantaranya adalah kurangnya peran guru sebagai fasilitator pada penggunaan benda konkret, guru belum mengawali pembelajaran dengan menyajikan masalah yang berkaitan kehidupan sehari-hari siswa, kurang optimal dalam melatih siswa untuk dapat bertanggungjawab pada tugasnya baik secara individu maupun kelompok, kurang memberikan ruang gerak berpikir yang bebas kepada siswa untuk mencari konsep dan menyelesaikan masalah yang terkait dengan materi yang disampaikan. Adanya permasalahan tersebut berdampak pada perolehan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran Matematika yang belum optimal. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan Problem Based Learning dan teori Piaget dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Matematika pada siswa kelas V SD Mangkang Kulon 02 Semarang?”. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, tiap siklus dua kali pertemuan. Setiap siklusnya terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Mangkang Kulon 02 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, tes dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan: skor keterampilan guru setiap siklus berturut-turut 17,5 (baik) dan 22,5 (sangat baik). Skor aktivitas siswa setiap siklus berturut-turut 10,8 (cukup) dan 16,5 (baik). Skor kualitas iklim pembelajaran setiap siklus berturut-turut 4,5 (baik) dan 6,5 (sangat baik). Skor kualitas materi pembelajaran setiap siklus berturut-turut 4,5 (baik) dan 6,5 (sangat baik). Skor kualitas media pembelajaran setiap siklus berturut-turut 4 (cukup) dan 6 (baik). Persentase ketuntasan hasil belajar siswa setiap siklus berturut-turut 61,55% dan 82,21%. Hasil belajar afektif siswa setiap siklus berturut-turut 7,5 (jarang) dan 9,1 (sering). Simpulan penelitian adalah penerapan Problem Based Learning dan teori Piaget dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Saran bagi guru yaitu permasalahan yang diberikan harus disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak. Untuk peneliti selanjutnya dapat meneliti hasil belajar secara lengkap yaitu ranah kognitif, afektif dan psikomotor.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Teori Piaget
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 12 Nov 2015 22:07
Last Modified: 12 Nov 2015 22:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21739

Actions (login required)

View Item View Item