MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING DALAM PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI MODEL RING TARGET BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

ARDIANSYAH, 6101411004 (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING DALAM PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI MODEL RING TARGET BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1255Kb)

    Abstract

    Latar belakang penelitian ini yaitu hasil belajar passing dalam permainan bola voli di SMP Negeri 3 Kota Semarang masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari persentase tingkat serapan siswa terhadap materi passing dalam permainan bola voli yang hanya 20%. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ring target dapat membantu meningkatkan hasil belajar passing dalam permainan bola voli bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Semarang tahun pelajaran 2014/2015 ? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar passing dalam permainan bola voli melalui model ring target bagi siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII D yang berjumlah 32 siswa. Teknik Pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, pemberian kuesioner, tes unjuk kerja serta dokumentasi berupa dokumen dan foto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran passing dalam permainan bola voli melalui model ring target meningkat. Hal ini dilihat dari persentase ketuntasan belajar siswa dari semua aspek pada siklus I yaitu sebesar 62,5% meningkat pada siklus II menjadi 81,25%. Ketuntasan hasil belajar siswa pada setiap siklus dirata-rata dari aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotor. Ketuntasan belajar aspek kognitif pada siklus I yaitu sebesar 31,25 %, pada siklus sebesar II 87,5%. Ketuntasan belajar aspek afektif pada siklus I yaitu sebesar 68,75%, siklus II sebesar 81,25%. Ketuntasan belajar aspek psikomotor pada siklus I yaitu sebesar 53,12%, siklus II sebesar 78,12%. Berdasarkan dari hasil penelitian bahwa pembelajaran passing dalam permainan bola voli melalui model ring target bagi siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Kota Semarang tahun pelajaran 2014/2015 dapat meningkatkan hasil belajar passing dalam permainan bola voli sebesar 18,75%. Saran yang dapat disampaikan dari penelitian ini diharapkan pembelajaran passing dalam permainan bola voli melalui model ring target dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam permainan bola voli.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: bola voli, passing, ring target.
    Subjects: O Sport > Education, Training, Research
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
    Depositing User: muhamad slamet unnes
    Date Deposited: 12 Nov 2015 17:06
    Last Modified: 12 Nov 2015 17:06

    Actions (login required)

    View Item