PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA KELAS IVB SDN KALIBANTENG KIDUL 01 KOTA SEMARANG


HANIFAH KHOIRUNNISA’, 1401411277 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA KELAS IVB SDN KALIBANTENG KIDUL 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411277-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang terjadi pada pembelajaran IPA siswa kelas IVB SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang yaitu guru belum memaksimalkan penggunaan media pembelajaran, selain itu siswa masih kurang kerja sama, kemampuan siswa dalam berkomunikasi, dan menyampaikan informasi dalam kelompok. Sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Ditunjukkan dari data hasil pembelajaran IPA masih banyak siswa kelas IVB yang memperoleh nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. Dari 43 siswa, hanya 34.88% atau 15 siswa yang mendapat nilai di atas KKM, sedangkan 65.12% atau 28 siswa masih mendapat nilai di bawah KKM. Untuk memecahkan masalah tersebut peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan media visual pada pembelajaran IPA. Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantu media visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di kelas IVB SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang?. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IVB SDN Kalibanteng Kidul 01. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode dokumentasi, catatan lapangan, dan metode tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengingkatan pada keterampilan guru yaitu siklus I 64,28% meningkat pada siklus II 71,42%, dan meningkat pada siklus III 82,14% serta telah memenuhi kriteria keberhasilan yang ditetapkan yaitu kriteria baik. Selanjutnya, hasil observasi aktivitas siswa siklus I 52,90% meningkat pada siklus II 61,56% dan pada siklus III 75,43% serta telah memenuhi kriteria keberhasilan yang ditetapkan yaitu kriteria baik. Selanjutnya, hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan ketuntasan siswa mencapai 62,79% meningkat pada siklus II 72,09% dan pada siklus III 81,39%. Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan media visual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPA siswa kelas IVB SDN Kalibanteng Kidul 01. Dalam melaksanakan pembelajaran ini, guru sebaiknya menyiapkan ruang kelas atau tempat yang memadai dan siswa diharapkan memperhatikan saat guru menyampaikan aturan dalam berdiskusi penjelasan dan pengarahan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: jigsaw, kualitas pembelajaran IPA, visual
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 12 Nov 2015 22:03
Last Modified: 12 Nov 2015 22:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21735

Actions (login required)

View Item View Item