PENGARUH KEDISIPLINAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SE-DAERAH BINAAN R.A. KARTINI KECAMATAN KUTOARJO KABUPATEN PURWOREJO


Imam Alimaun, 1401411587 (2015) PENGARUH KEDISIPLINAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SE-DAERAH BINAAN R.A. KARTINI KECAMATAN KUTOARJO KABUPATEN PURWOREJO. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411587-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kedisiplinan adalah keadaan sikap atau perilaku seseorang yang sesuai dengan aturan atau tata tertib yang berlaku sehingga tercipta ketertiban dan keteraturan. Kedisiplinan membantu siswa untuk menunaikan tugas dan tanggung jawab untuk mencapai tujuan. Siswa belajar di sekolah dengan tujuan memperoleh hasil belajar yang baik. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar pada kelas V Sekolah Dasar se-Daerah Binaan R. A. Kartini Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar se-Daerah Binaan R. A. Kartini yaitu SDN 1 Semawung Daleman, SDN 2 Semawung Daleman, SDN Pringgowijayan, SDN Kuwurejo, SDN Sidarum, SD Nasional, SDN Senepo. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar se-Daerah Binaan R. A. Kartini Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 147 siswa. Sampel sebanyak 105 siswa.Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik Proporsional Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Variabel penelitian meliputi kedisiplinan siswa sebagai variable independen dan hasil belajar sebagai variable dependen. Perhitungan pengujian hipotesis menggunakan bantuan program SPSS versi 20. Teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi, sebelum dilakukan uji analisis maka dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan cara uji Liliefors dan uji liniearitas. Pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 5% diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa. Ditunjukkan oleh hasil koefisien korelasi (R) sebesar 0,790 dan koefisien determinasi (R 2 ) 62,4%. Nilai signifikansinya sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.Hal ini menunjukkan bahwa 62,4% hasil belajar dipengaruhi oleh kedisiplinan siswa. Kesimpulan dari penelitian ada pengaruh yang signifikan kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar siswa kelas V SD se-Daerah Binaan R.A. Kartini Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; kedisiplinan, siswa sekolah dasar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 22:04
Last Modified: 12 Nov 2015 22:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21734

Actions (login required)

View Item View Item