PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN “BASE BERANTAI” GERAK FUNDAMENTAL DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES PADA SISWA KELAS IV MI NEGERI SUMURREJO DESA SUMURJURANG KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG


Dinda Amalia Agil, 6101411005 (2015) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN “BASE BERANTAI” GERAK FUNDAMENTAL DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES PADA SISWA KELAS IV MI NEGERI SUMURREJO DESA SUMURJURANG KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6101411005-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan dasar merupakan pondasi untuk pendidikan selanjutnya dan pembangunan nasional. Sekolah Dasar merupakan jenjang pendidikan formal paling dasar di Indonesia. Pendidikan jasmani merupakan salah satu mata pelajaran yang berupaya untuk mencapai tujuan pendidikan yang sesungguhnya, tetapi pada kenyataannya pembelajaran pendidikan jasmani masih kurang efektif karena terkendala oleh pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan sarana dan prasarana yang kurang memadai. Pendekatan modifikasi pembelajaran penjasorkes merupakan salah satu upaya menyelesaikan permasalahan terbatasnya sarana dan prasarana pembelajaran Penjasorkes di sekolah. Dari hasil pengamatan ini, pengembangan model pembelajaran penjasorkes yang dilakukan guru penjasorkes dapat membawa suasana inovatif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Model Permainan “base Berantai” dapat meningkatkan gerak dasar fundamental siswa kelas IV MI Negeri Sumurrejo Desa Sumurjurang Kecamatan Gunungpati Kota Semarang?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk permainan “base berantai” siswa kelas IV tingkat Sekolah Dasar di MI Negeri Sumurrejo Gunungpati Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Adapun prosedur pengembangan produk meliputi analisis produk yang akan diciptakan, mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba kelompok kecil dan revisi, uji coba kelompok besar dan produk akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli, serta menggunakan hasil pengamatan dilapangan yang diperoleh dari siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Dari hasil uji ahli diperoleh persentase rata-rata hasil analisis produk awal sebesar 83,66%. Data hasil pengamatan dan kuisioner siswa pada uji coba skala kecil diperoleh rata-rata dengan persentase 66.92 %. Data hasil uji ahli hasil analisis produk sebelum uji coba II sebesar 85.33 % dan pengamatan dan kuisioner siswa uji coba II diperoleh rata-rata dengan persentase 83.03 %. Pada uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar terjadi peningkatan hasil pengamatan dan kuisioner siswa dengan persentase 16.11%. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa permainan base berantai ini dapat diterapkan pada siswa kelas IV MI Negeri Sumurrejo Gunungpati Kota Semarang. Diharapkan dengan model permainan ini dapat menjadi alternatif guru pendidikan jasmani dalam menyampaikan pembelajaran Penjasorkes agar lebih menarik dan variatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Gerak Dasar Fundamental, Permainan Base Berantai
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 21:59
Last Modified: 12 Nov 2015 21:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21733

Actions (login required)

View Item View Item