PERANCANGAN MEDIA PROMOSI TERPADU ALDILA RESTO KENDAL


Listiyowati Pujiningsih, 2411410058 (2015) PERANCANGAN MEDIA PROMOSI TERPADU ALDILA RESTO KENDAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2411410058-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Aldila Resto merupakan sebuah rumah makan yang memberikan pelayanan terhadap pemesanan makanan, minuman, pemancingan serta penyelenggaraan acara seminar atau pertemuan lainnya. Saat ini usaha restoran semakin populer sehingga mulai muncul kompetitor usaha sejenis. Menghadapi persaingan yang semakin ketat diperlukan strategi promosi untuk mempertahankan eksistensi perusahaan agar mampu bersaing memikat hati konsumen. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk mengembangkan dan menghasilkan rancangan media promosi terpadu yang dapat meningkatkan citra Aldila Resto. Media promosi terpadu adalah konsep media yang memadukan berbagai kegiatan promosi agar dapat berjalan sinergi dan melengkapi antara media promosi satu dengan yang lainnya. Konsep media promosi terpadu dipilih karena tidak ada satupun media yang paling tepat sebagai media promosi. Perancangan karya media promosi terpadu ini melalui tahap proses berkarya dengan urutan proses preliminary, proses produksi, dan penyajian karya. Melalui proses dalam pembuatan karya media promosi terpadu ini, dihasilkan karya yang terbagi menjadi corporate identity yang meliputi: modifikasi logo, ornamen, kartu nama dan papan nama. Kemudian desain kemasan, outdoor media (iklan billboard), graphic ad (brosur), katalog menu, interactive multimedia, dan merchandise. Perancangan seluruh karya ini memperhatikan unsur-unsur dan prinsip-prinsip desain seperti garis, ruang, warna, tekstur, keseimbangan, dominasi, kesatuan dan lainnya sehingga tercipta desain yang estetis. Ciri umum dari media tersebut yaitu selalu menampilkan logo Aldila Resto. Desain bergaya simplistik, warna yang digunakan bernada kecoklatan, terdapat tekstur kayu dan didominasi garis lengkung. Pesan yang terkandung bersifat informatif dan pengingat. Perancangan karya media promosi terpadu ini diharapkan dapat meningkatkan brand awareness, memperluas segmentasi pasar, meningkatkan citra Aldila Resto, meningkatkan jumlah konsumen dan costumer loyallity, sehingga omset pendapatan Aldila Resto akan meningkat. Media yang telah dirancang diharapkan dapat didistribusikan sesuai dengan khalayak sasaran yang dituju. Kemasan digunakan sebagai bungkus produk yang take away. Buku menu digandakan sebagai acuan untuk memesan produk. Billboard di pasang pada titik strategis yang telah ditentukan. Brosur dapat disebar ke tiga kota sasaran yaitu Kendal, Kaliwungu, dan Mangkang. Interactive multimedia dan merchandise dapat digandakan diberikan terhadap konsumen setia Aldila Resto sebagai insentif ataupun doorprize ketika ada kegiatan seminar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perancangan, Media Promosi Terpadu, Aldila Resto
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Seni Rupa (S1)
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 21:57
Last Modified: 12 Nov 2015 21:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21731

Actions (login required)

View Item View Item