PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF COURSE REVIEW HORAY DENGAN MEDIA DIORAMA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BARUKAN 02 KABUPATEN SEMARANG


Erma Mustika, 1401411275 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF COURSE REVIEW HORAY DENGAN MEDIA DIORAMA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BARUKAN 02 KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411275-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) pada kelas V di SD Negeri Barukan 02 Kabupaten Semarang yang diterapkan masih kurang optimal. Faktor penyebabnya adalah guru dalam menerapkan strategi pembelajaran kurang inovatif. Pembelajaran cenderung berpusat pada guru sehingga kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran belum menunjukkan suasana menyenangkan dan menantang. Selain itu, media dan sumber belajar belum dimanfaatkan secara efektif dan efisien. Hal ini berpengaruh pada siswa, yaitu siswa kurang terlibat aktif dan antusias dalam pembelajaran. Data yang diperoleh menunjukkan dari jumlah siswa 17, siswa yang mendapatkan nilai di atas 71 hanya 7 siswa (40%) dan yang lainnya sejumlah 10 siswa (60%) mendapat nilai di bawah KKM KTSP yang ditetapkan (71). Dengan melihat data hasil belajar dan pelaksanaan mata pelajaran tersebut perlu sekali untuk ditingkatkan kualitas pembelajarannya agar siswa bersemangat dalam mengikuti aktivitas belajarnya sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran PKn siswa kelas V di SD Negeri Barukan 02 Kabupaten Semarang melalui model pembelajaran kooperatif Course Review Horay dengan media diorama. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari tiga siklus, setiap siklus satu pertemuan dengan empat tahapan (perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi). Teknik pengumpulan data melalui non-tes dan tes. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Simpulan: melalui model pembelajaran kooperatif Course Review Horay dengan media pembelajaran diorama dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn siswa kelas V SD Negeri Barukan 02 Kabupaten Semarang. Saran: sebaiknya guru menerapkan model pembelajaran kooperatif Course Review Horay dengan media diorama pada pebelajaran PKn dan mata pelajaran lain. Dan berinovasi menciptakan suasana pembelajaran yang efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas, model course review horay, media diorama, PKn
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 12 Nov 2015 21:58
Last Modified: 12 Nov 2015 21:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21730

Actions (login required)

View Item View Item