PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BOLABASKET MELALUI PERMAINAN PUZZLE RING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SATU ATAP GEBOG KABUPATEN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Awalia Prikawati, 6101411022 (2015) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BOLABASKET MELALUI PERMAINAN PUZZLE RING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SATU ATAP GEBOG KABUPATEN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6101411022-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran penjasorkes khususnya pada pembelajaran bolabasket kurang optimal. Hal ini berdasarkan dengan hasil observasi yang dilakukan peneliti terhadap pembelajaran bolabasket di sekolah. Permasalah yang muncul dalam pembelajaran bolabasket, antara lain: (1) sarana dan prasarana untuk pembelajaran bolabasket belum ada, sehingga pembelajaran hanya diberikan melalui teori saja, (2) model pembelajaran bolabasket yang diajarkan monoton sehingga siswa merasa bosan, (3) belum adanya model pembelajaran bolabasket yang inovatif dari guru penjasorkes. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan model pembelajaran bolabasket melalui permainan puzzle ring bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Satu Atap Gebog. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk pengembangan model pembelajaran bolabasket melalui permainan puzzle ring bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Satu Atap Gebog. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan dari Borg and Gall, dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) melakukan analisis kebutuhan, yaitu mengumpulkan informasi, termasuk observasi lapangan, wawancara, angket prapenelitian, dan kajian pustaka, (2) mengembangkan produk awal, (3) evaluasi dari ahli penjas dan ahli pembelajaran penjasorkes, serta uji coba skala kecil (N=10), (4) revisi produk pertama, (5) uji coba skala besar (N=27), (6) revisi produk akhir, (7) hasil akhir. Data yang diperoleh dari hasil evaluasi ahli sebanyak 77% (baik), kemudian data yang diperoleh dari hasil penelitian uji coba skala kecil (N=10) sebanyak 78% (baik), sedangakan hasil dari uji coba skala besar (N=27) diperoleh data sebanyak 82% (sangat baik). Pengumpulan data dilakukan dengan cara kuesioner untuk ahli dan siswa, serta pengamatan untuk siswa. Berdasarkan hasil data yang diperoleh setelah melakukan penelitian terhadap pengembangan model pembelajaran bolabasket melalui permainan puzzle ring pada siswa kelas VIII dapat disimpulkan bahwa permainan puzzle ring dapat digunakan atau layak untuk diterapkan pada pembelajaran bolabasket di sekolah. Adapun saran untuk penelitian ini adalah diharapkan permainan puzzle ring dapat diterapkan dalam pembelajaran bolabasket agar lebih bervariatif sehingga siswa dapat termotivasi untuk lebih aktif bergerak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Pembelajaran, Bolabasket, Permainan Puzzle Rin
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 21:52
Last Modified: 12 Nov 2015 21:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21726

Actions (login required)

View Item View Item