PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BOLA VOLI MELALUI PERMAINAN MICRO VOLLEY BACK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN SISWA KELAS V SD NEGERI JEMBANGAN 01 KECAMATAN BATANGAN KABUPATEN PATI TAHUN 2015


Putut Indra Herminata, 6101411027 (2015) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BOLA VOLI MELALUI PERMAINAN MICRO VOLLEY BACK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN SISWA KELAS V SD NEGERI JEMBANGAN 01 KECAMATAN BATANGAN KABUPATEN PATI TAHUN 2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6101411027-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah pembelajaran bola voli di sekolah dasar kurang efektif. Hal ini dikarenakan oleh: (1) siswa kesulitan menerapkan teknik dasar ketika bermain bola voli seperti servis, passing bawah, passing atas dan smash, (2) siswa kurang antusias dalam bermain bola voli. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu adanya alternatif model pembelajaran bola voli. Dari perumusan masalah tersebut, bagaimanakah model pengembangan permainan micro volley back efektif untuk materi bola voli dalam pembelajaran penjasorkes siswa kelas V SD N Jembangan 01. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk pengembangan permainan micro volley back efektif untuk materi bola voli dalam pembelajaran penjasorkes siswa kelas V SD N Jembangan 01. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan. Adapun prosedur pengembangan yaitu (1) melakukan analisa produk, (2) mengembangkan bentuk produk awal, (3) evaluasi ahli menggunakan satu ahli bola voli dan satu ahli pembelajaran penjasorkes sekolah dasar, (4) Uji coba skala kecil (8 siswa), (5) revisi produk pertama, (6) uji coba skala besar (18 siswa), (7) revisi produk akhir, (8) hasil akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli, serta menggunakan hasil pengamatan di lapangan dan hasil kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata validasi ahli pada uji coba skala kecil didapat persentase sebesar 79,33 % (baik), hasil rata-rata kuesioner siswa pada uji coba skala kecil didapat persentase sebesar 91,25 % (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata validasi ahli pada uji coba skala besar didapat persentase sebesar 81,33 % (baik), hasil rata-rata kuesioner siswa pada uji coba skala besar didapat persentase sebesar 93,85 % (sangat baik). Berdasarkan data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan permainan micro volley back efektif dapat digunakan dalam pembelajaran bola voli pada siswa SD N 1 Jembangan 01 Kecamatan Batangan Kabupaten Pati. Bagi guru penjasorkes sebagai referensi atau solusi dalam menyampaikan materi pembelajaran penjasorkes yaitu materi bola voli. Bagi siswa pemanfaatan produk permainan micro volley back diharapkan mampu bekerjasama, toleransi dan menjadikan siswa lebih berkarakter.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, bola voli, micro volley back
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 21:50
Last Modified: 12 Nov 2015 21:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21725

Actions (login required)

View Item View Item