PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING OLEH GURU KELAS DI SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN PECALUNGAN KABUPATEN BATANG


Wahyu Hadi Pranoto, 1401411583 (2015) PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING OLEH GURU KELAS DI SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN PECALUNGAN KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411583-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan utama dari pendidikan adalah perkembangan kepribadian secara optimal dari setiap peserta didik sebagai pribadi. Untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut maka pelaksanaan proses pendidikan di sekolah hendaklah mecakup tiga bidang, meliputi bidang administrasi supervisi, bidang kurikulum, dan bidang layanan bimbingan dan konseling. Layanan bimbingan dan konseling tentunya juga harus diselenggarakan oleh seluruh sekolah dasar negeri di Kecamatan Pecalungan, Kabupaten Batang. Diketahui bahwa sekolah dasar negeri di wilayah tersebut tidak memiliki konselor khusus guna membantu guru kelas dalam menangani permasalahan peserta didik. Penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling dilaksanakan langsung oleh guru kelas di masingmasing kelas yang diampunya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling oleh guru kelas di sekolah dasar negeri Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh sekolah dasar negeri di wilayah Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang yang berjumlah 20 unit. Sampel penelitian sebanyak 10 unit dengan jumlah responden 60 orang guru kelas. Variabel penelitian ini ialah pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling oleh guru kelas di sekolah dasar negeri Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis indeks. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling oleh guru kelas di sekolah dasar negeri Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang secara umum tergolong dalam kategori sedang, karena memiliki presentase rata-rata sebesar 66,87%. Hal tersebut menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling oleh guru kelas sudah dilaksanakan, namun masih terdapat berbagai kekurangan dan kendala di dalamnya. Kekurangan tersebut antara lain administrasi bimbingan yang masih belum dibuat oleh sebagian besar guru kelas, kemudian sarana prasarana yang kurang mendukung. Hendaknya kepala sekolah dan dinas terkait melakukan kordinasi untuk mengkaji kembali tentang teknis pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling oleh guru kelas di sekolah dasar. Hal tersebut dilakukan agar para guru kelas memiliki kompetensi tambahan sehingga dapat melaksanakan layanan bimbingan dan konseling bagi peserta didik di sekolah dasar dengan lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan Konseling, Sekolah Dasar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 21:51
Last Modified: 12 Nov 2015 21:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21724

Actions (login required)

View Item View Item