MODEL CIRCUIT BASKETBALL UNTUK PEMBELAJARAN BOLABASKET KELAS VII DI SMP NEGERI 1 BOJONGSARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2015


Elis Setiono, 6101411029 (2015) MODEL CIRCUIT BASKETBALL UNTUK PEMBELAJARAN BOLABASKET KELAS VII DI SMP NEGERI 1 BOJONGSARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6101411029-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran Penjasorkes materi bolabasket guru tidak ada modifikasi, siswa kurang antusias dan mengalami kesulitan saat pembelajaran di SMP Negeri 1 Bojongsari. Selain itu, penelitian ini ditujukan sebagai pengenalan bolabasket dalam Penjasorkes. Untuk lebih antusias dan aktif serta meminimalisir kesulitan siswa dalam belajar khususnya pada pembelajaran permainan bola besar maka perlu modifikasi dan inovasi dalam pembelajaran permainan bola besar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah bentuk pengembangan model permainan Circuit Basketball untuk pembelajaran bolabasket kelas VII di SMP Negeri 1 Bojongsari Kabupaten Purbalingga tahun 2015 yang bersifat sederhana, ramah lingkungan, mudah dalam pengadaan, dan hemat secara ekonomis serta sesuai karakteristik perkembangan gerak anak kelas VII. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk pengembangan model pembelajaran dalam penjasorkes pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Bojogsari Kabupaten Purbalingga Tahun 2015 yang bersifat sederhana, ramah lingkungan, mudah dalam pengadaan, dan hemat secara ekonomis serta sesuai karakteristik perkembangan gerak anak kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Adapun prosedur pengembangan produk yaitu; (1) melakukan analisis kebutuhan dengan teknik obsevasi dan wawancara, (2) mengembangkan bentuk produk awal, (3) evaluasi ahli menggunakan satu ahli bolabasket dan dua ahli pembelajaran Penjasorkes Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Bojongsari, (4) uji coba skala kecil (12 siswa), (5) revisi produk pertama, (6) uji coba skala besar (34 siswa), (7) revisi produk akhir, (8) hasil akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli, kuesioner bagi siswa, serta menggunakan hasil pengamatan dilapangan dan hasil wawancara dengan guru Penjasorkes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase. Berdasarkan hasil penelitian uji coba skala kecil diperoleh presentase 81,83% (Sangat Baik), dari hasil evaluasi ahli diperoleh persentase 84,28% (Sangat Baik). Hasil penelitian uji coba skala besar yaitu 85,89% (Sangat Baik), hasil dari penilaian aspek kognitif, afektif dan psikomotor uji coba skala kecil dan dari uji coba skala besar mengalami peningkatan sebesar 4,06%. Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan maka model Circuit Basketball ini telah memenuhi kriteria yang baik untuk digunakan. Disimpulkan bahwa pengembangan model Circuit Basketball untuk pembelajaran bolabasket Di SMP Negeri 1 Bojongsari Kabupaten Purbalingga Tahun 2015 dapat digunakan sebagai model alternatif untuk pembelajaran bolabasket kelas VII di SMP Negeri 1 Bojongsari Kabupaten Purbalingga. Saran dari peneliti yaitu (1) bagi guru untuk dapat melaksanakan dan mempraktikkan permainan Circuit Basketball sebagai model alternatif pada saat proses pembelajaran bolabasket dalam Penjasorkes, (2) bagi siswa sebagai inovasi permainan bolabasket agar tidak timbul rasa bosan, dan timbulnya minat, serta siswa lebih mengeksplor gerak saat pembelajaran, (3) bagi pembaca, diharapkan penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk mengembangkan model penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Pembelajaran, Bolabasket, Circuit Basketball
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 21:47
Last Modified: 12 Nov 2015 21:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21721

Actions (login required)

View Item View Item