PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL KOOPERATIF DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI PETOMPON 02 SEMARANG


SONIA NURUL HASANA MUKTI, 1401411582 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL KOOPERATIF DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI PETOMPON 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411582-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini berdasarkan data hasil observasi,catatanlapangan, dan data dokumen, bahwaguru belum menerapkan percobaan ilmiah dan sistem kerja kelompok secara maksimal dalam pembelajaran IPA sehingga siswa belum dapat menghubungkan pengalaman belajarnya dengan kehidupan sehari-hari dan kurang bisa bekerjasama dengan temannya. Hal ini menyebabkan nilai yang diperoleh 22 siswa di bawah KKM (70) dalam mata pelajaran IPA. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan metode eksperimen dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas VA SD Negeri Petompon 02 Kota Semarang dalam pembelajaran IPA? Pemecahan masalah yang dilakukan untuk rumusan masalah di atas ialah melalui model pembelajaran kooperatif dengan metode eksperimen diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas VA SD Negeri Petompon 02 Kota Semarang dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus, dengan tahapan masing-masing siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Petompon 02 Kota Semarang. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VA dengan jumlah 38 siswa yang terdiri dari 25 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Variabel penelitian ialah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru siklus I memperoleh skor 22 dalam kategori baik, siklus II dengan skor 23 dalam kategori baik, dan siklus III dengan skor 25 dalam kategori baik. Aktivitas siswa pada siklus I diperoleh skor 19,6 dalam kategori baik, siklus II dengan skor 20,8 dalam kategori baik, dan siklus III dengan skor 22,7 dalam kategori baik. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa siklus I dengan persentase 78,94%, siklus II dengan persentase 89,47%, dan pada siklus III meningkat dengan persentase 97,36%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui model pembelajaran kooperatif dengan metode eksperimen dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Saran dari peneliti adalah guru dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan metode eksperimen untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kata kunci: kualitas pembelajaran, kooperatif, eksperimen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran, kooperatif, eksperimen.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 21:46
Last Modified: 12 Nov 2015 21:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21720

Actions (login required)

View Item View Item