EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) TERHADAP KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI POKOK SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS VIII SMP NEGERI 19 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2008/2009
Muhamad Trimanto , 4101404591 (2009) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) TERHADAP KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI POKOK SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS VIII SMP NEGERI 19 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) TERHADAP KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI POKOK SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS VIII SMP NEGERI 19 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2008/2009)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Berbagai permasalahan yang dihadapi oleh guru matematika salah satunya adalah kesulitan peserta didik dalam belajar matematika, karena peserta didik menganggap matematika adalah pelajaran yang sulit. Kesulitan-kesulitan tersebut antara lain dalam pemahaman konsep, pemecahan masalah, penalaran matematika, komunikasi matematika, penyelesaian soal-soal, dan lain-lain. Mengingat begitu pentingnya strategi dalam menyelesaikan soal matematika, maka untuk membantu peserta didik dalam meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal sangat diperlukan langkah-langkah yang dapat mempermudah pemahaman konsep dan menyelesaikan soal matematika. Pembelajaran dengan suasana belajar aktif dan memberikan strategi dalam penyelesaian soal-soal, dapat diterapkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 19 Semarang tahun pelajaran 2008/2009. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling diambil 3 kelas yaitu kelas VIII C untuk kelompok eksperimen, VIII D untuk kelompok kontrol, VIII E untuk kelompok uji coba. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana efektifitas pembelajaran numbered heads together terhadap kemampuan menyelesaikan soal peserta didik pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh uji proporsi, uji π ternyata hitung tabel π > π . Pada taraf signifikansi 5%, sehingga H 0 ditolak, ini berarti pembelajaran numbered heads together lebih efektif dari pembelajaran ekspositori. Simpulan dalam penelitian ini adalah nilai hasil belajar peserta didik pada tes kemampuan menyelesaikan soal pada pembelajaran numbered heads together lebih baik dibanding peserta didik pada pembelajaran ekspositori, hal ini ditunjukkan dengan nilai hasil belajar pada tes akhir yang lebih baik dan proporsi peserta didik yang mendapat nilai ≥ 65 pada pembelajaran numbered heads together lebih besar dibanding peserta didik pada pembelajaran ekspositori. Pembelajaran numbered heads together tepat untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Disarankan guru matematika dapat terus mengembangkan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dan menerapkan pada materi pokok lain.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif, Numbered Heads Together, |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 05 May 2011 08:02 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:42 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2172 |
Actions (login required)
View Item |