PENINGKATAN HASIL BELAJAR TOKOH PANDHAWA MENGGUNAKAN MODEL INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SIJERUK KABUPATEN KENDAL

Anis Pratiwi Lianingrum, 1401411578 (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR TOKOH PANDHAWA MENGGUNAKAN MODEL INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SIJERUK KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2027Kb)

    Abstract

    Hasil pembelajaran tokoh Pandhawa pada kelas III SD Negeri 1 Sijeruk Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2013/2014 masih rendah. Pembelajaran yang dilakukan bersifat klasikal dan kurang variatif dalam penyampaian materi pembelajaran. Hal ini menyebabkan siswa mudah merasa jenuh karena hanya mendengarkan penjelasan yang disampaikan oleh guru. Berdasarkan masalah yang terjadi, peneliti merumuskan masalah penelitian yaitu “Apakah penerapan model Index Card Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa serta performansi guru kelas III SD Negeri 1 Sijeruk Kabupaten Kendal pada materi tokoh Pandhawa?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kualitas pembelajaran yang ditingkatkan dalam penelitian ini meliputi aktivitas dan hasil belajar siswa serta performansi guru. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 1 Sijeruk Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 27 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes dan non tes. Indikator keberhasilan aktivitas belajar siswa yaitu kehadiran klasikal siswa minimal 75% dan keterlibatan/ keaktifan siswa minimal adalah 75%. Indikator keberhasilan hasil belajar siswa yaitu nilai rata-rata kelas minimal 70 dan persentase tuntas klasikal minimal 75% dengan skor > 70. Indikator keberhasilan performansi guru minimal B (71-80). Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 63,46% dengan kategori aktif. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 11,8 poin pada siklus II sehingga menjadi 75,26% dengan kategori sangat aktif. Perolehan nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 60,25 dan meningkat pada siklus II sebesar 22,19 sehingga menjadi 82,44. Persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 70% dan meningkat 30% pada siklus II menjadi 100%. Perolehan nilai performansi guru pada siklus I sebesar 82,13 dengan kategori AB. Perolehan nilai performansi guru pada siklus II meningkat sebesar 12,28 menjadi 94,41 dengan kategori A. Simpulan dari penelitian ini yaitu penerapan model Index Card Match dapat meningkatkan performansi guru, aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri I Sijeruk pada pembelajaran bahasa Jawa materi tokoh Pandhawa. Saran bagi guru, hendaknya selalu berusaha melakukan inovasi untuk memilih model pembelajaran yang akan digunakan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: tokoh Pandhawa, kualitas pembelajaran, model Index Card Match
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: cahyo fajar unnes
    Date Deposited: 12 Nov 2015 16:43
    Last Modified: 12 Nov 2015 16:43

    Actions (login required)

    View Item